MotoGP

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2022: Jorge Martin Rebut Pole Position dari Marc Marquez

Sabtu, 5 Maret 2022 23:33 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor:
© REUTERS/Ibraheem Al Omari
Hasil kualifikasi MotoGP Qatar 2022 dimana Jorge Martin sukses mendapatkan pole position sementara Marc Marquez harus puas di posisi ketiga. (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari) Copyright: © REUTERS/Ibraheem Al Omari
Hasil kualifikasi MotoGP Qatar 2022 dimana Jorge Martin sukses mendapatkan pole position sementara Marc Marquez harus puas di posisi ketiga. (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

INDOSPORT.COM - Marc Marquez gagal mendapat pole position untuk balapan MotoGP Qatar 2022. Pembalap Repsol Honda tersebut harus mengakui keunggulang rider Pramac Racing, Jorge Martin, yang tampil luar biasa hingga meraih waktu tercepat di kualifikasi pada Sabtu (05/03/22).

Jorge Martin mencetak waktu 1 menit 53,011 detik, menjadi pole position keduanya di kelas premier di Sirkuit Losail. Qatar bak negara keberuntungannya usai tahun lalu juga berhasil meraih pole position di MotoGP Doha dan finis di podium ketiga.

Performa apik juga ditunjukkan oleh pembalap Gresini Racing yakni Enea Bastianini, yang hampir saja merebut pole position dari Martin. Hanya saja ia harus puas mendapat start di grid kedua.

Bastianini sempat mencetak lap yang sangat bagus di detik-detik terakhir, sayangnya masih kalah di sektor terakhir hingga akhirnya harus puas start dari posisi kedua. Kualifikasi yang dilakoni Bastianini terasa makin oke karena sebenarnya memakai motor Ducati yang lebih tua yakni Desmosedici GP21.

Marc Marquez sementara itu terlihat lebih lambat akibat terus memakai strategi slipstream. The Baby Alien tampak sengaja mengikuti lajur pembalap lain khususnya Pecco Bagnaia untuk bisa meraih lap time yang bagus.

Kejutan yang patut dicatat adalah tercecernya Maverick Vinales di urutan ke-19. Padahal musim lalu ia selalu bisa mendapat grid tiga terdepan di Qatar baik itu Losail maupun Doha.

Hasil lengkap kualifikasi MotoGP Qatar 2022 bisa anda simak di halaman kedua: