In-depth

Berkah dan Masalah yang Timbul Usai Gelaran MotoGP Indonesia 2022

Selasa, 22 Maret 2022 09:29 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/Willy Kurniawan
Pemenang balapan, Miguel Oliveira dari Red Bull naik podium tempat kedua, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP dan tempat ketiga, Johann Zarco dari Pramac Racing di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan Copyright: © Reuters/Willy Kurniawan
Pemenang balapan, Miguel Oliveira dari Red Bull naik podium tempat kedua, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP dan tempat ketiga, Johann Zarco dari Pramac Racing di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COMMotoGP Indonesia 2022 menghadirkan berkah juga masalah usai perhelatan yang menyedot perhatian penonton hingga ribuan.

Gelaran balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP 2022 baru saja rampung menggelar seri kedua di GP Indonesia, pada Minggu (20/03/22) kemarin.

Tertempat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, MotoGP Indonesia sukses digelar meski dihadapkan sejumlah masalah.

Dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, balapan MotoGP pertama di Indonesia setelah 25 tahun itu sempat tertunda hingga satu jam menyusul hujan deras yang turun menjelang jadwal semula start pukul 15:00 WITA.

Setelah kondisi lintasan dinyatakan aman dan hujan sedikit reda, pit lane dibuka pukul 16:00 WITA dan balapan dimulai 15 menit kemudian dengan jumlah lap yang dipangkas tujuh putaran menjadi 20 lap saja. 

Pada kondisi trek yang cukup basah, polesitter Fabio Quartararo menyintas Tikungan 1 demi mempertahankan posisi pimpinan balapan.

Namun pada lap kedua ia harus kehilangan dua posisi ketika Miguel Oliveira menyodok ke depan diikuti Jack Miller yang merangsek terdepan. 

Sang pebalap Ducati dan KTM mulai meninggalkan lawan-lawannya ketika mereka menjaga jarak dua menit di depan. 

Oliveira merestorasi posisinya setelah menyalip Miller seusai lap kelima sedangkan Quartararo terlempar dari zona podium setelah disalip Alex Rins dan Johann Zarco.

Di saat Oliveira hampir lima detik di depan, Miller mendapat ancaman dari Zarco dan Quartararo yang membayangi di belakangnya.

Ketiga pebalap bersaing ketat demi podium di enam putaran tersisa. Quartararo yang berada di tempat keempat, satu persatu melewati kedua pebalap Ducati mengandalkan kelincahan motor Yamaha di tikungan.

Quartararo pun sukses masuk ke posisi kedua di belakang Miguel Oliveira, diikuti oleh Zarco di tempat ketiga.

Hingga lap terakhir, Miguel Oliveira masih memimpin dan menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis di Sirkuit Mandalika.

Lalu Fabio Quartararo dan Johan Zarco menyusul masing-masing di urutan ke-2 dan ke-3. Seusai balapan, banyak pihak yang mengapresiasi suksesnya gelaran MotoGP Indonesia, salah satunya Presiden Jokowi.

"Ini sebuah event besar dari olahraga motor yang sangat luar biasa dan saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Presiden dalam kutipan dari kanal Youtube resmi Sekretariat Presiden.

"Terutama kepada masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh," tambahnya.

"Saya kira ini event jangka panjang, tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan. Yang jelas saya ingin menyampaikan selamat kepada semuanya. Selamat," tukas mantan walikota Solo itu.

Suksesnya gelaran MotoGP Indonesia, terdapat sejumlah berkah dan masalah yang berjalan beriringan mewarnai ajang balapan motor bergengsi dunia tersebut. Apa saja itu?