MotoGP

Jadwal MotoGP Amerika Serikat 2022 Hari Ini: Moto2 Jadi Kelas Pembuka

Sabtu, 9 April 2022 09:57 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Ibraheem Al Omari
Brad Binder (depan), Enea Bastianini (tengah) dan Marc Marquez (belakang) beraksi di MotoGP Qatar (06/03/22). (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari) Copyright: © REUTERS/Ibraheem Al Omari
Brad Binder (depan), Enea Bastianini (tengah) dan Marc Marquez (belakang) beraksi di MotoGP Qatar (06/03/22). (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

INDOSPORT.COM – Berikut Jadwal balapan MotoGP Amerika Serikat 2022 yang digealr di Sirkuit Austin, Texas pada Jumat (08/04/22) hingga Senin (11/04/22) dini hari WIB.

Pada seri sebelumnya pembalap Aprilia, Aleix Espargaro berhasil keluar sebagai juara pada MotoGP Argentina akhir pekan lalu, hanya berselang beberapa hari para pembalap sudah harus ke Amerika untuk memulai seri keempat yang dihelat di Sirkuit Austin.

Seri keempat ini akan jadi lanjutan dari seri ketiga MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina pekan lalu.

Layaknya gelaran MotoGP Argentina, MotoGP Amerika Serikat sempat absen digelaran tahun 2020, karena pada saat itu kedua negara sempat ‘mencekam’ lantaran kasus Covid-19 yang begitu tinggi.

Selepas tahun itu, Amerika Serikat sempat menggelar MotoGP di tahun 2021. Kembalinya ajang balapan motor paling bergengsi di Dunia ini jelas sangat ditunggu-tunggu penggemar MotoGP di negeri Paman Sam.

Namun ada sedikit perubahan di gelaran MotoGP Austin. Perubahan cukup besar telah dilakukan oleh panitia balapan setempat. Bahwa di race nanti Moto2 akan jadi kelas pembuka pada tiap rangkaian, mulai dari latihan bebas hingga balapan.

Jadwal terbaru hasil perubahan itu akan menempatkan kelas Moto2 menjadi kelas pertama sebagai pembuka disusul MotoGp dan terakhir memainkan kelas Moto3 sebagai penutup.

Hal ini dianggap unik karena pada umunnya rider dari kelas Moto3 akan menyusuri sirkuit lebih dahulu sekaligus ‘membersihkan’ lintasan di sesi latihan bebas pertama hari Jumat.

Namun di MotoGP Amerika Serikat justru motor dari kelas Moto2 yang akan menggantikan tugas yang biasanya dilakukan pembalap dari kelas Moto3.

Kejutan pun terjadi pada sesi latihan bebas pertama di kelas MotoGP kali ini dengan pembalap asal Spanyol, Alex Rins Navarro, membawa timnya, Suzuki, meraih posisi pertama dan berhasil mematahkan dominasi Marc Marquez.