MotoGP

Pemprov NTB Sebut Penonton MXGP Samota Bakal Capai 50.000 Orang

Jumat, 15 April 2022 13:46 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Aksi para pembalap saat di MXGP Palembang 2019 Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Aksi para pembalap saat di MXGP Palembang 2019

INDOSPORT.COM – Pemerintah Provinsi NTB mengatakan bahwa penonton ajang Motocross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa diperkirakan bisa mencapai 50 ribu orang.

Sebagaimana diketahui, Indonesia mulai dilirik para pecinta motorsport usai sukses menggelar dua balapan internasional yakni World Superbike (WSBK) pada November 2021 dan MotoGP pada pertengahan Maret lalu, yang semuanya di gelar di Sirkuit Mandalika, NTB.

Setelah berhasil menggelar dua ajang balap kelas dunia membuat pemerintah NTB semakin getol dan percaya diri untuk menggelar event balap bertaraf internasional lainnya.

Salah satunya yakni NTB tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah MXGP pada 24-26 Juni mendatang dan digelar di Samota, Sumbawa.

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan, termasuk untuk menyambut para penoton yang diprediksi mencapai puluhan ribu orang tersebut.

Hal ini dikatakan langsung oleh Yusron Hadi selaku Kepala Dinas Pariwisata NTB, yang mengungkapkan potensi jumlah penonton MXGP yang akan diselenggarakan pada 24-26 Juni 2022 diperkirakan bisa mencapai 50 ribu orang.

"Meski belum ada keputusan berapa jumlah penonton maupun tiket yang dijual, tetapi kami melihat potensi penonton cukup besar bisa sampai 50 ribu orang, 20 ribu orang lokal dan 30 ribu dari luar daerah," kata Yusron, dilansirdari Antara.

Ia mengatakan melihatnya besarnya potensi jumlah penonton tersebut maka berpengaruh pada ketersediaan kamar hotel atau penginapan khususnya di wilayah Sumbawa.

Berdasarkan data yang baru tersedia di Sumbawa untuk hotel bintang 632 kamar, hotel melati 409 kamar, homestay 441 kamar, bungalow 46 kamar.

Sementara untuk rumah warga yang dijadikan penginapan 700 kamar. Kemudian potensi camping ground 9.500, sehingga untuk Sumbawa saja mencapai 11.148 kamar yang tersedia untuk penonton MXGP.