In-depth

Aksi Gemilang Mario Aji di Moto3 2022, Penakluk Hujan yang Rajin Cetak Rekor

Minggu, 24 April 2022 08:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Honda Team Asia
Mario Aji sukses menempati posisi kedua dalam kualifikasi Moto3 Portugal. Rider Honda Team Asia asal Indonesia itu pun terus menuai rekor di Moto3 2022 ini. (Foto: Honda Team Asia) Copyright: © Honda Team Asia
Mario Aji sukses menempati posisi kedua dalam kualifikasi Moto3 Portugal. Rider Honda Team Asia asal Indonesia itu pun terus menuai rekor di Moto3 2022 ini. (Foto: Honda Team Asia)

INDOSPORT.COM Mario Aji sukses menempati posisi kedua dalam kualifikasi Moto3 Portugal. Rider Honda Team Asia asal Indonesia itu pun terus menuai rekor di Moto3 2022 ini.

Tengah pekan ini, gelaran MotoGP 2022 memasuki seri kelima yakni MotoGP Portugal yang digelar di Sirkuit Algarve di Portimao.

Sama seperti seri-seri sebelumnya, balapan di Portugal ini juga akan menampilan persaingan di kelas lebih rendah yakni Moto3 dan Moto2.

Kelas Moto3 sendiri di musim 2022 ini menjadi perhatian publik otomotif Indonesia. Pasalnya, ada satu pembalap Tanah Air yang menjalani debut penuh musim ini yakni Mario Suryo Aji.

Pembalap asal Magetan itu menjalani musim penuh pertamanya di Moto3 bersama Honda Team Asia, usai tampil satu kali musim lalu lewat fasilitas wildcard.

Di Moto3 Portugal ini, Mario Aji pun berhasil menorehkan catatan istimewa. Bagaimana tidak, ia berhasil merebut posisi kedua di babak kualifikasi yang digelar Sabtu (23/04/22) malam WIB. Dengan demikian, ia pun akan start dari posisi kedua saat balapan pada Minggu (24/04/22) petang.

Penampilan apik Mario Aji sendiri sudah terlihat sejak sesi latihan bebas yang digelar pada Jumat (22/04/22).

Tampil dalam kondisi sirkuit yang basah akibat guyuran hujan, Mario Aji membuat kejutan dengan tampil tercepat di sesi latihan bebas (free practice) kedua.

Ketika itu, ia mencatatkan waktu 2 menit 2,491 detik, unggul tipis 0,053 detik dari rider KTM, Diogo Moreira.

Catatan itu meningkat drastis dari aksinya di latihan bebas pertama, ketika Mario Aji hanya menempati posisi 14 dengan torehan 2 menit 4,191 detik.