Ditargetkan Rampung Sebulan, NTB Mulai Pembangunan Sirkuit MXGP Samota

Senin, 16 Mei 2022 05:00 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Aksi para pembalap saat di MXGP Palembang 2019 Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Aksi para pembalap saat di MXGP Palembang 2019

INDOSPORT.COM – Pembangunan sirkuit Motorcross Grand Prix (MXGP) di kawasan Samota di Kabupaten Sumbawa, NTB telah dimulai dan ditargetkan rampung dalam sebulan.

Seperti diketahui, Indonesia khususnya provinsi NTB bakal kembali menjadi tuan rumah ajang motorsport kelas dunia.

Sebelumnya NTB sukses menggelar ajang World Superbike (WSBK) pada November 2021 dan MotoGP pada pertengahan Maret lalu di Sirkuit Mandalika.

Kini provinsi yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan tersebut kembali didapuk menjadi tuan rumah MXGP pada 24-26 Juni mendatang dan digelar di Samota, Sumbawa.

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan, termasuk Pemprov setempat mulai menggelar pembangunan sirkuit MXGP di Kawasan Samota.

Ridwan Syah selaku Kepala Dinas PUPR NTB pun mengatakan bahwa pembangunannya telah di mulai sejak 10 Mei kemarin.

"Hari ini kita mulai pembangunan. Mulai lintasan dari garis start dan fasilitas pendukung lain MXGP," ucap Ridwan Syah, dilansir dari Antara.

Ia juga menjelaskan pengerjaan pembangunan sirkuit ini ditargetkan selesai hanya dalam waktu satu bulan, yakni pada 15 Juni 2022 atau sebelum pelaksanaan MXGP pada 24 Juni 2022.

"Target kita itu paling lambat 15 Juni atau dua pekan sebelum MXGP," ujarnya.

Ridwan Syah yang juga merupakan Komandan Lapangan MXGP Samota itu menyatakan nantinya pengerjaan sirkuit ini di awasi langsung tim Infront selaku promotor MXGP.