Formula 1

Hasil F1 GP Monaco 2022: Blunder Ferarri Mengantarkan Sergio Perez Rajai Monaco

Senin, 30 Mei 2022 00:05 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Hamad I Mohammed
Pembalap Red Bull, Sergio Perez, keluar sebagai jawara di Formula 1 GP Monaco 2022, Minggu (28/5/22) malam WIB. Copyright: © REUTERS/Hamad I Mohammed
Pembalap Red Bull, Sergio Perez, keluar sebagai jawara di Formula 1 GP Monaco 2022, Minggu (28/5/22) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Pembalap Red Bull, Sergio Perez, keluar sebagai jawara di GP Monaco, Minggu (28/5/22) malam WIB. GP Monaco merupakan seri ketujuh dari ajang balap Formula 1 2022.

Pada akhirnya, pebalap Red Bull Sergio Perez menjadi raja di GP Monaco setelah strategi double stack mereka mengalahkan double stack dari Ferrari dan membuat Perez mengambil alih pimpinan balapan dari Carlos Sainz.

Balapan sendiri tak berlangsung 78 laps karena batasan waktu akibat hujan yang beberapa kali turun. Selain itu kecelakaan besar yang melibatkan mobil Mick Schumacher juga sempat membuat Race Director mengibarkan Red Flag.

Balapan sempat ditunda beberapa saat untuk melihat kondisi lintasan dengan para pebalap baru melakukan formation lap pada 20.16 WIB.

Hujan tampak turun lebih deras lagi dengan jarak pandang di sirkuit sepanjang 3,337 km tersebut sangat terbatas. Balapan kemudian baru dilanjutkan pukul 21.05 WIB.

Kondisi lintasan membaik dengan cepat setelah lima putaran bergulir. Para pilot jet darat yang turun dari start dengan menggunakan ban basah pun mulai silih berganti masuk ke pit stop.

Beberapa pebalap seperti Sebastian Vettel (Aston Martin), Pierre Gasly (Alpha Tauri), dan Mick Schumacher (Haas) masuk ke pit untuk mengganti ban mereka ke intermediate. 

Lewis Hamilton, Sergio Perez, dan Leclerc juga masuk pit pada lap ke-16 sampai  ke-18. Ferrari melakukan strategi double stack pada lap ke-22 untuk mengganti ban kedua pebalap mereka dengan ban kering.

Siaran radio tim sempat menunjukkan bahwa hal tersebut adalah blunder dari Ferrari yang terlihat ragu saat meminta Leclerc masuk pit sehingga  membuatnya harus di belakang Sainz.

Beberapa saat kemudian, double stack juga dilakukan oleh Red Bull . Perjudian itu pun berbuah manis dengan kedua pebalap Red Bull keluar di depan pebalap Ferrari.