Formula 1

Puas Podium Pertama, Max Verstappen Bongkar Kunci Kemenangan di F1 GP Azerbaijan

Senin, 13 Juni 2022 18:55 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Reuters/Hamad I Mohammed
Max Verstappen saat angkat piala Juara GP Arab Saudi. Foto: Reuters/Hamad I Mohammed Copyright: © Reuters/Hamad I Mohammed
Max Verstappen saat angkat piala Juara GP Arab Saudi. Foto: Reuters/Hamad I Mohammed

INDOSPORT.COM - Formula 1 Grand Prix Azerbaijan 2022 telah usai. Balapan kali ini jadi ajang yang kurang menguntungkan bagi tim Scuderia Ferrari. 

Sebaliknya, tim Red Bull Racing patut bersorak-sorai. Max Verstappen memanfaatkan keberuntungannya untuk meraih kemenangan pertama dengan berhasil melewati garis 20,8 detik lebih cepat dari rekan setimnya, Sergio Perez.

Alhasil, posisi pertama dan kedua diduduki oleh dua pembalap dari Red Bull. Dengan begitu, dua pembalap dari tim Mercedes, George Russell dan Lewis Hamilton, harus berpuas di posisi kedua dan keempat.

“Hari ini kami mampu mengonsistenkan kecepatan kami saat berada di dalam mobil. Kami bisa menjaga kestabilan ban, [hingga akhirnya] kami bisa merebut kemenangan."

"Checo (sapaan Perez) sudah sangat baik pada awal [pertandingan] dengan mendahului Charles, saya terhalang dan tidak bisa ke mana-mana. Hingga akhirnya saya ada di hard tyres, saya baru bisa memimpin dan saya bisa mengatur serta mengendalikan celah." 

"Hari ini menjadi hari yang bagus untuk bisa bertanding dengan Charles, sayang sekali ia tidak bisa menyelesaikannya. Mendapat skor 1-2 untuk tim tentu sangatlah bagus. Kami berhasil mencetak beberapa poin dengan baik hari ini dan [kami] semakin membuat jarak yang lebih besar dengan Ferrari." ujar Verstappen via formula1.com (12/06/22).

Kemenangan Verstappen di Baku menjadi kemenangannya yang kelima dari delapan pertandingan di musim ini. Saat ini Verstappen duduk di puncak klasemen pembalap dengan koleksi 150 poin, mengungguli rekan setimnya, Perez, dengan 129 poin. 

Sementara itu, Red Bull Racing berada di puncak klasemen konstruktor dengan 279 poin, 80 poin di atas Ferrari.

“Saya memulai [pertandingan] dengan sangat baik. Kami berhasil memimpin dan [kami] merasa sudah memiliki kendali. Namun kami mengalami sedikit kesulitan karena waktu yang diberikan dari VSC,"

"Ban belakang saya juga mengalami degradasi yang cukup buruk dan hal itu membuat saya tidak bisa menahan Max di belakang. Ia sangat cepat dan mudah baginya untuk melewati saya daripada melawannya."

"Kami lalu diberitahu untuk menjaga kecepatan tertentu pada hards setelah dua pembalap Ferrari keluar dari balapan dan kami bisa memanfaatkan waktu yang tersisa dengan baik.:

"Kami harus memahami bagaimana kami bisa mendapat lebih di luar pertandingan hari ini dan maju ke Kanada untu memastikan kami bersaing sekali lagi. Hari ini menjadi hari dengan hasil yang bagus untuk tim dan hari yang baik di Constructors’ Championship,” ujar Perez via formula1.com (12/06/22).