Formula 1

Apes! Langgar Aturan di F1 Kanada, Fernando Alonso Dapat Hukuman dari FIA

Senin, 20 Juni 2022 15:55 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Prio Hari Kristanto
© Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Fernando Alonso dapat penalti selama lima detik seusai balapan di Grand Prix Kanada, alhasil posisi finisnya di Montreal turun dari P7 menjadi P9. Copyright: © Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Fernando Alonso dapat penalti selama lima detik seusai balapan di Grand Prix Kanada, alhasil posisi finisnya di Montreal turun dari P7 menjadi P9.

INDOSPORT.COM – Fernando Alonso mendapat penalti selama lima detik seusai balapan Formula 1 di Grand Prix Kanada. Alhasil, posisi finis Alonso di Montreal tersebut turun dari P7 menjadi P9.

Pembalap BWT Alpine F1 itu mengalami masalah engine clipping pada paruh kedua balapan di Sirkuit Gilles Villeneuve yang berdampak pada kecepatannya di trek lurus.

Starter barisan depan itu tengah bertahan di urutan ketujuh dari Valtteri Bottas di lap penutup balapan.

Akan tetapi, gerakannya saat mencoba mempertahankan posisi di lap kedua dari belakang membuatnya terjebak dengan para steward FIA (Federation Internationale de l’Automobile).

Dua jam setelahnya, para steward memutuskan bahwa Alonso telah membuat terlalu banyak perubahan arah saat balapan dan tindakan tersebut memerlukan penalti.

"Para steward mendengar dari pengemudi mobil #14 [Fernando Alonso], pengemudi mobil #77 [Valtteri Bottas], dan perwakilan masing-masing tim, serta pemeriksaan bukti video dan telemetri dari mobil #77," bunyi pernyataan dari dokumen resmi FIA itu.

“Antara tikungan 10 dan 12, pada putaran kedua dari belakang balapan, mobil #14 membuat perubahan arah berulang kali untuk bertahan melawan mobil #77 sehingga harus mengangkat pada satu titik dan kehilangan momentum dengan cepat.”

“Memperhatikan posisi sang pengemudi yang mana tidak memiliki kesempatan bagi mobil #77 untuk berada di samping mobil #14 (wheel-to-wheel saat duel), petugas menganggap ini sebagai pelanggaran peraturan yang jelas.”

“Karena itu, para steward menjatuhkan hukuman lima detik,” seperti dikutip dari the-race.com (19/06/22).