MotoGP

Alex Rins Merapat ke LCR Honda, Adik Marc Marquez Terdepak di MotoGP 2023?

Kamis, 23 Juni 2022 20:30 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Ibraheem Al Omari
Suzuki akan mengundurkan diri dari MotoGP usai berakhirnya musim ini dan ada kemungkinan Alex Rins gantikan Alex Marquez di LCR Honda. (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari) Copyright: © REUTERS/Ibraheem Al Omari
Suzuki akan mengundurkan diri dari MotoGP usai berakhirnya musim ini dan ada kemungkinan Alex Rins gantikan Alex Marquez di LCR Honda. (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini, tepatnya setelah sesi tes balapan di Sirkuit Jerez pada Senin (02/06/22) salah satu tim pabrikan asal Jepang, Suzuki, akan mengundurkan diri dari MotoGP usai berakhirnya musim ini. Ada kemungkinan Alex Rins gantikan Alex Marquez di LCR Honda.

Muncul dugaan bahwa pengunduran diri Suzuki dari pentas MotoGP diseababkan karena adanya masalah finansial yang menimpa timnya.

Mundurnya tim pabrikan asal Jepang ini membuat kedua pembalapnya, Alex Rins dan Joan Mir harus mencari tim baaru sebagai tempat berlabuh, jika mereka masih ingin meneruskan karirnya di kasta tertinggi, MotoGP.

Masalah finansial ini bukan hal baru bagi tim yang dipimpin oleh Livio Suppo. Tercatat pada tahun 2012-2014 Suzuki pernah merasakan hal yang sama. Sehingga memaksa mereka untuk absen dari perebutan gelar juara MotoGP.

Selang beberapa tahun kemudian, tim tersebut berhasil bangkit. Tak hanya itu, Suzuki bahkan berhasil mengantarkan Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP pada musim 2020 lalu.

Sementara itu, pada MotoGP 2021 lalu, Mir juga mampu finis di papan atas tepatnya peringkat 3 klasemen akhir di bawah Fabio Quartararo (Yamaha) dan Francesco Bagnaia (Ducati), meski tak meraih satu pun podium pertama.

Musim ini, dari 6 seri yang sudah berjalan, Suzuki juga belum meraih satu pun kemenangan. Namun, Alex Rins bertengger di posisi 4 klasemen lewat 2 kali finis podim sedangkan Mir di posisi 6.

Bahkan pada musim lalu, tepatnya di bulan April 2021, tim pabrikan asal Jepang tersebut telah menandatangani komitmen untuk bertahan di MotoGP untuk bertahan di turnamen balapan paling bergengsi tersebut hingga tahun 2026.

Jika pada akhir musim nanti Suzuki telah membulatkan tekad untuk mundur, dan berhenti dari ajang MotoGP pada musim depan, maka mereka akan menjadi pabrikan pertama melakukan hal tersebut sejak 2011 lalu.

Kemungkinan hengkangnya Suzuki dari gelaran MotoGP musim depan membuat nasib Alex Rins dan Joan Mir menjadi tanda tanya. Dan di manakah tempat mereka akan berlabuh pada musim depan?