MotoGP

Cetak Sejarah di Phillip Island, Mario Aji Siap Debut di Moto3 Australia 2022

Sabtu, 15 Oktober 2022 07:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© ASTRA HONDA RACING TEAM
Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji, siap debut di Moto3 Australia 2022 sekaligus mencetak sejarah. Copyright: © ASTRA HONDA RACING TEAM
Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji, siap debut di Moto3 Australia 2022 sekaligus mencetak sejarah.

INDOSPORT.COM – Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji, siap debut di Moto3 Australia 2022 sekaligus mencetak sejarah.

Diketahui, ajang MotoGP, Moto2, Moto3 Australia sendiri menjadi seri balapan ke-18 yang digelar di Sirkuit Philip Island setelah dua kali absen karena pandemi Covid-19.

Seperti biasanya, seri balapan bakal dimulai dari sesi latihan bebas atau Free Practice (FP), kualifikasi hingga race pada Jumat (14/10/22) hingga Minggu (16/10/22).

Mario Aji bakal mencetak sejarah karena menjadi pembalap Moto3 Indonesia pertama yang tampil di Sirkuit Phillip Island.

Namun sejatinya sebelum Mario Aji sebenarnya sudah ada pembalap Indonesia yang pernah merasakan balapan di Sirkuit Phillip Island.

Ya, pembalap Indonesia tersebut bernama Dimas Ekky Pratama. Hanya saja kelasnya berbeda dengan Mario Aji, karena Dimas Ekky berlaga di ajang Moto2.

Di sisi lain, rider yang dijuluki Super Mario tersebut siap berkenalan dengan Sirkuit Phillip Island dan menghadapi tantangan baru di trek Australia itu saat melanjutkan kiprahnya di kelas Moto3 pada akhir pekan ini.

Sebagai pebalap rookie Honda Team Asia, Mario dan rekan satu timnya, Taiyo Furusato, akan menimba pengalaman baru di sirkuit yang berkarakteristik mengalir itu.

Phillip Island kembali ke kalender Moto3 dan MotoGP setelah balapan pada dua tahun sebelumnya, pada 2020 dan 2021, dibatalkan karena pandemi virus corona.

"Saya belum mengenal Phillip Island, demikian pula sebagian besar pembalap pada kategori ini, karena belum ada balapan lagi sejak 2019 silam," kata Mario Aji, dilansir dari Antara.