MotoGP

Makin Siap Sambut WSBK 2022, Pembenahan Sirkuit Mandalika Rampung Pekan Depan

Jumat, 21 Oktober 2022 20:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Humas MotoGP Mandalika
Pembenahan aspal Sirkuit Mandalika dipastikan bakal rampung pada pekan depan demi siap menyambut ajang World Superbike (WSBK) 2022. (Foto: Humas MotoGP Mandalika) Copyright: © Humas MotoGP Mandalika
Pembenahan aspal Sirkuit Mandalika dipastikan bakal rampung pada pekan depan demi siap menyambut ajang World Superbike (WSBK) 2022. (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Pembenahan aspal Sirkuit Mandalika dipastikan bakal rampung pada pekan depan demi siap menyambut ajang World Superbike (WSBK) 2022.

Hanya tinggal menghitung hari, sirkuit Mandalika akan kembali menjadi tuan rumah WSBK 2022 yang berlangsung pada 11-13 November mendatang.

Sirkuit Mandalika sendiri kembali melakukan pembenahan agar semakin siap dan sukses menggelar kejuaraan dunia balap motor tersebut.

Salah satu hal yang paling penting ialah melakukan pembenahan di jalur lintasan atau track improvement Sirkuit Mandalika.

Priandhi Satria selaku Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan bahwa pembenahan trek Sirkuit Mandalika bakal rampung pada pekan depan, atau dua pekan jelang dimulainya WSBK 2022.

"Track improvement berjalan sesuai rencana. Kami sedang dalam tahap akhir untuk pengaspalan ulang dari tikungan satu ke satu lagi," kata Priandhi, dilansir dari Antara.

Pembenahan atau track improvement Sirkuit Mandalika dilakukan atas permintaan Federasi Balap Motor Internasional (FIM), yang juga tentunya untuk menyambut gelaran putaran ke-11 WSBK 2022.

Dalam proses pembenahan tersebut, Dirut MGPA mengatakan tantangan untuk Sirkuit Mandalika terdapat jenis aspal yang unik dan tidak ditemukan penggunaannya di sirkuit mana pun.

"Membuat racikan untuk Sirkuit Mandalika tidak mudah. Sirkuit berada di dekat laut. Cuaca berubah-ubah. Siang panas, kemudian sore berubah dingin, dan malam bisa basah atau lembab," tambahnya.

Meski begitu, Priandhi Satria Dirut MGPA mengungkapkan Dromo selaku konsultan sudah menemukan racikan aspal yang pas untuk Sirkuit Mandalika jelang WSBK 2022.

Pembenahan Sirkuit Mandalika

"Dromo, konsultan yang sudah membangun puluhan sirkuit di dunia sudah membuat ramuan baru. Mereka sudah membawa batu-batuan dari Indonesia dan peracikan aspal dilakukan di Jerman dan Italia. Menurut mereka ini adalah racikan baru," ujar Priandhi.

Lebih lanjut selain lintasan, Priandhi mengatakan track improvement yang dilakukan adalah pelebaran run off dan cerb.

"Cerb yang tadinya regular menjadi misano cerb. Jadi cerb dan run off sudah rampung dan tinggal mempercantik atau pengecatan saja. Target untuk semuanya rampung pada 25-27 Oktober ini," tukasnya.

Priandhi juga mengatakan bahwa pihak Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP juga puas dengan track improvement Sirkuit Mandalika.

Sebelumnya CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dan Chief Sporting Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta telah bertemu dengan para pemangku kepentingan, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta.

Sementara itu, Jamaluddin Maladi selaku Komandan Lapangan WSBK Mandalika yang mengatakan bahwa penjualan tiket secara offline sudah dibuka.

"Dari informasi panitia untuk penjualan tiket WSBK secara offline sudah mulai dibuka," kata Jamaluddin Maladi dari Antara.

Lebih lanjut Jamaluddin Maladi mengatakan bahwa lokasi penjualan tiket sendiri terbagi menjadi dua tempat.

Yakni di Lombok Epicentrum Mall (LEM) Kota Mataram dan depan pintu masuk Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

"Ketika ada orang atau wisatawan kunjungan ke Sirkuit Mandalika, jadi bisa langsung beli di situ secara offline, sehingga gampang," ujarnya, jelang WSBK 2022.

Sumber: Antara.