Formula 1

FIA Pastikan F1 GP Brasil 2022 Tetap Digelar Meski Ada Kerusuhan soal Pemilihan Presiden

Jumat, 4 November 2022 21:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Formula 1.com
Federasi Otomotif Indonesia (FIA) memastikan tetap menggelar seri balapan Formula 1 (F1) GP Brasil 2022 meski ada kerusuhan politik di negara setempat. Copyright: © Formula 1.com
Federasi Otomotif Indonesia (FIA) memastikan tetap menggelar seri balapan Formula 1 (F1) GP Brasil 2022 meski ada kerusuhan politik di negara setempat.

INDOSPORT.COMFederasi Otomotif Indonesia (FIA) memastikan tetap menggelar seri balapan Formula 1 (F1) GP Brasil 2022 meski ada kerusuhan politik di negara setempat.

F1 GP Brasil 2022 bakal menjadi seri balapan ke-21 pada musim ini yang akan berlangsung di Autodromo Jose Carlos Pace.

Melanjutkan seri balapan di benua Amerika, maka pekan balap mendatang akan waktunya akan berbeda dari biasanya, karena dimulai pada dini hari waktu Asia.

Pekan balap di Brasil akan digelar dari latihan bebas atau Free Practice (FP), kualifikasi hingga race pada Jumat (11/11/22) hingga Senin (14/11/22).

Namun tersiar kabar bahwa F1 GP Brasil 2022 bakal dibatalkan menyusul situasi politik yang memanas beberapa waktu terakhir.

Melansir dari Crash, terjadi kerusuhan politik di Brasil soal pemilihan Presiden, yang membuat balapan jet darat terancam dibatalkan.

Terpilihnya Luiz Inacio Lula da Silva atas Jair Bolsonaro dalam pemilu Brasil, memicu demontrasi yang dilakukan oleh pendukung sayap kanan Bolsonaro.

Hal ini membuat pendukung sayap kanan pihak lawan melakukan sejumlah aksi protes.

Salah satunya ialah dengan memblokir sejumlah ruas jalan di seluruh penjuru negeri dan membuat kebutuhan tersendat termasuk kargo pembalap dan tim F1 yang dikabarkan telah terjebak.

Aksi protes ini juga membuat bandara Sao Paolo terpaksa ditutup sebelum akhirnya pihak sayap kana Bolsobaro menerima kekalahan mereka. Hal ini juga membuat FIA akhirnya buka suara dan mengatakan F1 GP Brasil 2022 tetap berlangsung.