Formula 1

7 Pembalap Formula 1 yang Paling Setia Sepanjang Sejarah, Hamilton Urutan Berapa?

Selasa, 24 Januari 2023 16:55 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Motorsport
Michael Schumacher ketika masih menjadi pembalap tim Mercedes Formula 1 Copyright: © Motorsport
Michael Schumacher ketika masih menjadi pembalap tim Mercedes Formula 1

INDOSPORT.COM - Formula 1 merupakan kompetisi balap mobil yang paling bergengsi. Meski sering terjadi perpindahan tim, para pembalap ini ternyata paling setia sepanjang sejarah. 

Karena persaingan ketat antar tim, membuat peserta Formula 1 memang terus membongkar pasang driver andalannya di setiap musim. 

Hanya mereka yang tampil konsisten yang bisa membela satu tim untuk waktu yang cukup lama. Seperti Lewis Hamilton salah satunya, driver andalan tim Mercedes AMG. 

Pembalap asal Inggris tersebut itu bahkan segera menjalani musim ke-11 ketika Formula 1 2023 bergulir. 

Setia bersama satu klub untuk sekian lamanya tentu saja menjadi sebuah kehormatan tersendiri untuk driver yang artinya mereka cukup konsisten untuk dipertahankan. 

Apalagi pembalap yang memang kelas top dan memberi banyak prestasi kepada tim yang lama dia bela. Berikut 7 pembalap yang terlama membela satu tim sepanjang sejarah Formula 1. 

7. Mika Hakkinen

Mika Hakkinen memulai karir profesionalnya sebagai pembalap bersama Lotus, kemudian berlabuh ke McLaren pada 1993 silam. 

Dia harus menunggu empat tahun di GP Eropa 1997 untuk meraih kemenangan race pertamanya. Di tahun 1998 dan 1999, Hakkinen berhasil juara dunia dua kali beruntun. 

Pada 2001, pembalap asal Finlandia itu meninggalkan tim McLaren setelah bersama sembilan musim mengaspal. 

6. Jim Clark

Jika berbicara tentang loyalitas, nama Jim Clark juga harus disebutkan. Pembalap asal Inggris itu bahkan tidak pernah pindah dari Lotus sejak awal karirnya. 

Sembilan musim dijalani Clark bersama Lotus dari tahun 1960 hingga ajal menjemputnya pada 1968. Dia mampu menyegel dua gelar juara dunia, 25 kemenangan dan 33 pole.