Bikin Hemat, Rekomendasi Mobil Bekas Irit BBM Bermesin 1.200 cc

Sabtu, 28 Januari 2023 12:42 WIB
Editor: Isman Fadil
© Ginanjar/INDOSPORT
Komunitas Mobil Honda Bandung. Copyright: © Ginanjar/INDOSPORT
Komunitas Mobil Honda Bandung.

INDOSPORT.COM - Memiliki mobil irit konsumsi BBM merupakan impian bagi para pengguna roda empat, mengingat harga BBM yang tidak menentu bahkan seringkali alami kenaikan.

Semakin boros konsumsi BBM sebuah mobil, artinya semakin banyak pula pengeluaran si pemilik mobil tersebut. Biaya BBM bisa mencapai 18-25% dari total pengeluaran untuk sebuah mobil.

Memilih mobil bekas dengan kapasitas mesin 1.200 cc bisa menjadi solusinya. Hal ini karena mobil dengan spesifikasi tersebut dikenal mampu menghemat konsumsi BBM.

Sebab, semakin besar cc sebuah mobil, berarti diameter dari piston juga lebih besar atau langkah piston panjang. Menjadikan mesin memiliki daya isap campuran bahan bakar dan udara juga lebih besar. Begitupun sebaliknya.

Itulah mengapa mesin dengan kapasitas kecil seperti 1.200 cc mampu menghemat konsumsi BBM dengan lebih baik. Soal tenaga tidak perlu diragukan, karena kapasitas mesin sebenarnya bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi tenaga yang dikeluarkan.

Nah, kalau bingung mau beli mobil bekas dengan 1.200 cc, berikut ini rekomendasinya:

1. Nissan MARCH L M/T 2013

Rekomendasi mobil bekas irit BBM bermesin 1.200 cc pertama yaitu Nissan March bekas keluaran 2013 berwarna silver metalik dan ber-odometer 96.081 kilometer.

Sebagai penunjang keamanan, mobil ini dilengkapi front airbag, power steering dan ABS. Sementara itu, pada interiornya sudah dilengkapi head unit yang menggunakan layar sentuh, bikin perjalanan lebih menyenangkan!

Nissan MARCH L M/T 2013 bisa di beli di kurang lebih seharga Rp 87 juta.

2. Datsun GO T M/T 2018

Masih dari segmen city car, yakni Datsun GO bekas dengan bodi berwarna merah metalik, dengan odometer 54.314 kilometer. Sementara itu pada sisi keamanannya, mobil ini dibekali airbag dan sabuk pengaman.

Mobil ini juga punya velg dengan warna yang senada dengan bodinya, bikin tampilannya makin kece! Untuk memiliki salah satu mobil bekas Depok ini kamu bisa menebusnya dengan Rp 89 juta aja.

3. Toyota CALYA G M/T 2018

Kalau Toyota Calya bekas yang satu ini cocok buat kamu yang lagi cari mobil keluarga yang irit BBM, karena punya yang kabin luas dan berkapasitas 7 penumpang. Interior mobil ini juga punya kesan yang elegan dan hangat berkat perpaduan warna beige dan hitamnya.

Ada pula front airbag, power steering dan ABS pada sisi keamanannya, bikin perjalanan kamu dan keluarga makin aman dan nyaman! Mobil bekas Medan seharga Rp 120 juta ini memiliki odometer berada di angka 48.336 kilometer.

4. Daihatsu AYLA R M/T 2021

Rekomendasi mobil irit BBM selanjutnya datang dari salah satu mobil bekas Semarang tahun muda berkualitas terbaik yang memiliki bodi berwarna merah metalik dan odometer masih berada di angka 9.654 kilometer, serta dibanderol seharga Rp 127 juta.

Nggak cuma bodinya aja, interiornya juga punya warna yang senada, yakni dengan sentuhan warna merah yang dipadukan dengan warna hitam pada bagian stir dan joknya, bikin tampilannya elegan sekaligus sporty namun tidak mencolok.

Mobil ini datang dengan fitur keamanan yang lengkap, mulai dari airbag, sabuk pengaman, hingga ABS. Bukan cuma itu, ada pula head unit yang memudahkan perjalanan dan bikin kamu anti bosen!

5. Toyota AGYA G TRD M/T 2019

Jika kamu berlokasi di Bekasi dan sekitarnya dan sedang mencari mobil berukuran kompak dengan bodi berwarna cerah, mobil berkelir putih metalik yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mobil berkapasitas 5 penumpang ini cocok buat kamu yang lagi cari mobil untuk keluarga kecil, apalagi mobil ini juga sudah dilengkapi fitur keamanan yang mumpuni seperti front airbag, power steering dan ABS.

Takut anak menumpahkan sesuatu yang bisa mengotori kabin mobil? Tenang, interiornya yang serba hitam bisa memudahkan perawatannya.

Mobil bekas Bekasi ber-odometer 27.396 kilometer ini bisa kamu miliki dengan membelinya seharga Rp 130 juta.

6. Toyota AGYA G TRD M/T 2020

Buat kamu si jiwa muda yang lagi cari mobil irit BBM dengan tampilan yang playful, Toyota Agya bekas berwarna kuning metalik ini sayang untuk dilewatkan. Mesinnya irit BBM siap dibawa jalan-jalan kemanapun!

Soal keamanan juga nggak perlu diragukan lagi, mobil ini sudah dibekali front airbag dan ABS. Selain aman, mobil ini juga menyajikan kenyamanan berkat perpaduan warna krem dan hitam yang hangat dan mewah pada interiornya

Kamu bisa membawa pulang mobil ber-odometer 41.387 kilometer ini dengan menebusnya seharga Rp 130 juta.

7. Honda BRIO RS A/T 2018

Rekomendasi selanjutnya buat kamu si penyuka warna jingga. Mobil bermesin 1.200 cc keluaran 2018 ini punya angka odometer yang relatif rendah, yakni 34.551 kilometer, serta fitur keamanan driver’s seat airbag dan power steering.

Sementara itu pada interiornya, mobil ini menggunakan head unit dengan fitur mini disc /  CD integrated. Jika tertarik untuk membawanya pulang, Honda Brio bekas ini dijual seharga Rp 158 juta.

8. Daihatsu ROCKY X ADS A/T 2021

Rekomendasi terakhir mobil irit BBM datang dari segmen SUV kompak bergaya sporty berwarna kuning metalik, yakni Daihatsu Rocky bekas. Cocok buat kamu yang mengincar mobil tangguh dan minimalis.

Soal keamanan, mobil ini dilengkapi airbag serta fitur yang kekinian banget, yakni electronically controlled power steering. Sedangkan pada sisi hiburannya dilengkapi head unit yang bisa dikoneksikan ke smartphone.

Mobil bekas Bekasi seharga Rp 211 juta keluaran 2021 ini punya angka odometer 3.240 kilometer, dijamin ngebut deh!

Rekomendasi mobil irit BBM bermesin 1.200 cc di atas bisa kamu beli dengan harga yang ramah di kantong secara tunai maupun kredit di mobbi. Masih kurang banyak pilihannya? Kunjungi mobbi sekarang dan cek pilihan lainnya, yuk!

Selain terjangkau, beli mobil bekas di mobbi juga dijamin aman, karena tiap unit yang ada di mobbi sudah melewati pemeriksaan secara seksama dan teliti oleh inspektor berpengalaman.

Semua unit mobil bekas dijamin tidak pernah mengalami tabrakan yang mengubah struktur rangka dan terendam banjir. Dokumen dan odometer pun dijamin keasliannya.