MotoGP

6 Pembalap Terbaik yang Tunggangi Suzuki Sejak Era MotoGP, Ada yang Sampai Juara!

Rabu, 15 Februari 2023 16:29 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Getty Images/Steve Wobes
Joan Mir, juara motogp 2020 Copyright: © Getty Images/Steve Wobes
Joan Mir, juara motogp 2020

INDOSPORT.COM - Sebelum hengkang dari MotoGP, Suzuki pernah menyuguhkan para penggemar sebanyak 6 pembalap terbaik di lintasan balap. Siapa sajakah mereka?

Suzuki memang punya rekam jejak yang luar biasa di era MotoGP. Mereka bisa dibilang tim yang mampu menyulitkan dominasi Honda dan Yamaha. 

Bahkan Suzuki berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 lewat pembalapnya bernama Joan Mir. Namun pada Mei 2020, mulai bermunculan rumor Suzuki akan hengkang dari MotoGP. 

Hingga pada akhir musim 2022, Suzuki pun mengumumkan secara resmi mundur dari kejuaraan musim 2023. Tidak hanya MotoGP, tapi juga keluar dari semua lomba balap motor lainnya. 

Tentu saja hal ini membuat para penggemar MotoGP terkejut dan rumor yang beredar tentang mundurnya Suzuki adalah karena masalah finansial. 

MotoGP sendiri merupakan era baru menggantikan kelas premier 500cc yang sudah dimulai sejak 2002. Sejak itu pula, Suzuki sudah menelurkan banyak pembalap berkualitas. 

Di bawah ini, INDOSPORT sudah merangkum sebanyak 6 pembalap top yang pernah menunggangi motor Suzuki. Salah satunya pernah juara MotoGP.

6. Aleix Espargaro

Aleix Espargaro memang sekarang menjadi pembalap andalan di tim Aprilia. Namun pada 2015-2016 lalu, dia berada di bawah payung Suzuki. 

Dia termasuk salah satu pembalap berkualitas meski prestasi terbaiknya hanyalah pole position di GP Catalunya 2015. Namun, Aleix dianggap punya keahlian mengembangkan motornya. 

Hal itu terlihat dari performa motor Suzuki khususnya yang ditunggangi Aleix. Yang juga terjadi pada Aprilia sekarang, yakni mulai bersaing dengan Ducati, Yamaha dan Honda.