MotoGP

6 Pembalap Terbaik Inggris di Sejarah MotoGP, Ada Veteran Perang Dunia II

Rabu, 15 Februari 2023 13:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© mediastorehouse.com
Mike Hailwood di MotoGP Copyright: © mediastorehouse.com
Mike Hailwood di MotoGP

INDOSPORT.COM - Jika sekarang di Formula 1 ada Lewis Hamilton, ternyata dulu pembalap Inggris juga cukup mendominasi di olahraga balap motor bergengsi MotoGP. 

Jika menghitung perolehan gelar juara dunia yang diraih para pembalap Inggris sepanjang sejarah, jumlahnya kini 17 gelar di kelas premier. 

Dibanding dengan negara-negara lainnya, jumlah 17 gelar juara dunia di kelas premier cukuplah tinggi. 

Inggris ada di urutan kedua sebagai negara dengan koleksi gelar juara dunia terbanyak di kelas premier. 

Mereka hanya kalah dari negara Italia yang memang silih berganti mengirim para pembalapnya juara MotoGP, kini sudah koleksi 20 gelar juara dunia. 

Torehan 17 gelar juara dunia yang direngkuh para rider Inggris menjadi bukti bahwa negara dengan sistem kerajaan tertua di dunia itu pernah mendominasi olahraga balap motor. 

Lantas, siapa sajakah para pembalap terbaik Inggris yang tentu masuk daftar rider legenda MotoGP sepanjang masa? Berikut ulasannya. 

6. Leslie Graham

Leslie Graham sebenarnya merupakan pilot yang bertugas di Angkatan Udara Inggris selama perang dunia 2. Namun dia juga menyukai dunia balap motor sejak muda. 

Setelah perang berakhir, Leslie Graham pun mulai terjun ke dunia balap motor dan ikut serta balapan Isle of Man TT. 

Namanya bahkan terukir sebagai juara MotoGP 500cc pertama di dunia. Graham meraihnya di musim perdananya mengikuti kelas premier pada 1949 silam. Selain Graham, ada 5 rider legendaris Inggris lainnya, simak selengkapnya.