MotoGP

5 Pembalap di MotoGP 2023 Ini Pernah Tunggangi 3 Merek Motor Berbeda

Rabu, 22 Februari 2023 23:16 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Willy Kurniawan
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, saat menjajal sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika. Copyright: © REUTERS/Willy Kurniawan
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, saat menjajal sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM - Spesifikasi dan performa motor jadi faktor penting untuk pembalap. Itulah yang jadi alasan 5 pembalap di MotoGP 2023 suka berganti-ganti merek motor. 

Jika berganti-ganti nomor kendaraan memang cukup wajar di kalangan pembalap MotoGP. Apalagi ketika pembalap baru saja menjuarai musim sebelumnya. 

Musim lalu, Bagnaia memakai nomor 63 saat meraih melakukan comeback terbaik dalam sejarah MotoGP dan mengalahkan Fabio Quartararo dalam persaingan juara.

Hal serupa terjadi pada motor yang ditunggangi para pembalap MotoGP, banyak dari mereka memprioritaskan spesifikasi dan kemampuan motornya. 

Tanpa motor yang mampu diajak memacu lintasan, pembalap tentu akan kesulitan untuk bersaing dalam perburuan gelar juara setiap musimnya. 

Jadi, tidak heran jika ada cukup banyak pembalap dari masa ke masa, sering berganti-ganti tim bahkan merek motor untuk ditunggangi. 

Meski masih ada terdapat pembalap yang setia pada satu merek motor, tidak sedikit juga yang sudah berpindah-pindah di setiap musimnya. 

Kepindahan tentu akan menuntut kemampuan adaptasi tidak hanya dengan tim, tapi juga pada motor yang ditunggangi. 

Tantangan ini yang memang mau tidak mau harus diambil oleh pembalap MotoGP jika sudah tidak kerasan menunggangi motor dari tim lamanya. 

Jika melihat susunan pembalap yang akan bersaing di MotoGP 2023, terdapat setidaknya 5 pembalap yang sudah pernah ganti merek motor sampai tiga kali. Siapa saja mereka?