Formula 1

5 Fakta Guanyu Zhou, Pernah Jadi Rival Sean Gelael dari China di Formula 1 2023

Selasa, 28 Februari 2023 20:17 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© INDOSPORT
Alfa Romeo mobil baru di Formula 1. Copyright: © INDOSPORT
Alfa Romeo mobil baru di Formula 1.

INDOSPORT.COM - Guanyu Zhou adalah pembalap asal China yang sukses merangkak naik ke kelas tertinggi Formula 1 di ajang balap jet darat. Berikut 5 fakta seputar pembalap yang pernah jadi rival Sean Gelael ini. 

Sebagai salah satu pembalap yang termuda pada musim 2023 nanti, Zhou merupakan pembalap teranyar yang dipromosikan oleh Alfa Romeo. 

Dia menggantikan Antonio Giovinazzi setelah promosi langsung dari Formula 2. Kursi Alfa Rome yang sekarang ditempati awalnya diprediksi milik Oscar Piastri. 

Pembalap muda yang juga merupakan juara bertahan Formula 2, namun prediksi terbukti salah. Kritikan pun tidak sedikit diterima oleh Guanyu Zhou. 

Sampai dia membungkam berbagai kritikan dan perbandingan dirinya dengan Piastri saat mendulang poin di balapan pertamanya di F1 di Bahrain musim lalu. 

Zhou mungkin baru memasuki Formula 1 pada musim 2022 kemarin, namun kemunculannya sendiri sudah diumumkan cukup lama. 

Ketika Alfa Romeo memang memiliki kesepakatan dengan sponsor asal China dalam beberapa tahun terakhir. 

Kesepakatan sponsor ini mirip dengan kerja sama yang ditandatangani oleh Haas ketika mereka membawa Mick Schumacher ke tim pada 2021 lalu. 

Bisa dibilang Zhou kini menapaki jejak yang sama dengan anak legenda F1 itu untuk balapan di Formula 1. 

Lantas, seberapa spesial Guanyu Zhou sebagai pembalap sejauh ini? Berikut INDOSPORT sudah rangkum beberapa fakta yang mungkin kamu belum ketahui.