MotoGP

Hitung-hitungan MotoGP Belanda 2023, Francesco Bagnaia vs Jorge Martin Jilid 2?

Senin, 19 Juni 2023 22:28 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Jennifer Lorenzini
Francesco Bagnaia dari Tim Lenovo Ducati merayakan kemenangannya usai balapan motoGP di Sirkuit Mugello, Scarperia e San Piero, Italia, (11/06/23). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini) Copyright: © REUTERS/Jennifer Lorenzini
Francesco Bagnaia dari Tim Lenovo Ducati merayakan kemenangannya usai balapan motoGP di Sirkuit Mugello, Scarperia e San Piero, Italia, (11/06/23). (Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini)

INDOSPORT.COM - Francesco Bagnaia dan Jorge Martin berpeluang kembali berduel pada MotoGP Belanda 2023 yang akan digelar di Sirkuit Assen, Belanda, akhir pekan ini.

Pekan ini, ajang MotoGP 2023 akan berlanjut dengan menggelar seri ke-8 di Sirkuit Assen, Belanda.

Bertajuk MotoGP Belanda 2023, seri ini diprediksi akan kembali menjadi medan pertarungan dua pembalap on fire, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin.

Seperti diketahui, Bagnaia dan Martin baru saja menyuguhkan aksi kelas dunia pada balapan utama MotoGP Jerman 2023 pekan lalu. 

Kedua pemain bersaing ketat menjelang akhir balapan, dengan beberapa kali bertukar posisi pimpinan balapan. Bahkan, tak jarang keduanya mengalami kontak demi berebut racing line yang lebih baik.

Martin akhirnya berhasil mengamankan kemenangan di Sachsenring dengan jarak hanya 0,064 detik dari Bagnaia di posisi kedua. 

Hasil tersebut sekaligus menjadi finis dengan selisih terdekat kedua sepanjang sejarah MotoGP.

"Ini adalah momen yang sangat emosional untuk saya," ujar Jorge Martin usai balapan, dikutip dari adac-motorsport.de. "Sudah hampir dua tahun saya tidak merasakan kemenangan."

"Ini adalah balapan yang sangat ketat. Pecco (sapaan Bagnaia) tampil sangat menekan. Saya kira, dia bahkan sedikit lebih kuat kalau berbicara balapan secara keseluruhan," ujarnya.

Lantas, adakah peluang menyaksikan kembali duel Bagnaia vs Martin? Jika melihat sejarah MotoGP Belanda, kans tersebut ada, bahkan cukup besar.

Kedua pembalap diketahui pernah memetik kemenangan di Sirkuit Assen. Bagnaia bahkan pernah menang di tiga kelas sekaligus, Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Sementara itu, Martinator, julukan Jorge Martin, baru mengoleksi satu kemenangan di Sirkuit Assen, yakni pada Moto3 GP Belanda 2018.