Formula 1

Hasil F1 GP Belgia: Penalti Tak Halangi Versatappen Raih Podium 1 Lagi

Minggu, 30 Juli 2023 21:40 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Leonhard Foeger
Max Verstappen jadi yang tercepat lagi dalam balapan Formula 1 (F1) GP Belgia 2023 yang digelar pada Minggu (30/07/23) malam WIB di Circuit de Spa-Francorchamps. (Foto: REUTERS/Leonhard Foeger) Copyright: © REUTERS/Leonhard Foeger
Max Verstappen jadi yang tercepat lagi dalam balapan Formula 1 (F1) GP Belgia 2023 yang digelar pada Minggu (30/07/23) malam WIB di Circuit de Spa-Francorchamps. (Foto: REUTERS/Leonhard Foeger)

INDOSPORT.COM - Max Verstappen jadi yang tercepat lagi dalam balapan Formula 1 (F1) GP Belgia 2023 yang digelar pada Minggu (30/07/23) malam WIB di Circuit de Spa-Francorchamps.

Meski harus start dari posisi keenam akibat penalti penggunaan gearbox, driver Red Bull Racing itu memenangi seri kesepuluhnya musim ini sekaligus jadi yang kedelapan secara beruntun.

Di posisi kedua ada rekan satu timnya yakni Sergio Perez, diikuti oleh Charles Leclerc dari Ferrari yang berhak mengklaim podium ketiga.

Lewis Hamilton (Mercedes) dan Fernando Alonso (Aston Martin) finis berurutan di posisi keempat dan kelima. Sementara itu, George Russell (Mercedes) ada di peringkat keenam, diikuti oleh Lando Norris (McLaren).

Meski Leclerc menjadi penempat pole position saat start, ia langsung kehilangan posisi terdepan di tikungan pertama usai Perez merangsek maju.

Hanya saja Perez tidak bisa bersantai memimpin balapan karena Verstappen juga memburunya sejak lap-lap awal.

Sembilan putaran sudah jadi waktu yang cukup bagi Verstappen untuk berada di posisi dua besar dan cuma ada dua detik saja yang memisahkan para pembalap Red Bull tersebut.

Akan tetapi pada akhirnya Verstappen yang bisa memenangi battle pada lap 17 dan tidak lama setelah juara dunia bertahan itu memimpin hujan deras turun menyirami lintasan.

Pergantian ban tidak membuat Verstappen kehilangan dominasinya dan justru driver berpaspor Belanda itu tetap melaju kencang.

Di lima putaran terakhir bahkan sempat ada jarak 17 detik yang ia buat dengan Perez yang setia membuntuti di urutan kedua. Saat checker flag dikibarkan, Verstappen resmi menjadi juara dari F1 GP Belgia 2023.