In-depth

Profil Mario Suryo Aji, Pembalap Indonesia yang Resmi Naik Kasta ke Moto2

Jumat, 13 Oktober 2023 14:50 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© ASTRA HONDA RACING TEAM
Pembalap Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji. Copyright: © ASTRA HONDA RACING TEAM
Pembalap Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji.

INDOSPORT.COM - Profil Mario Suryo Aji, pembalap Honda Team Asia asal Indonesia yang baru saja naik kelas ke Moto2 pada musim 2024 mendatang bisa kalian simak di artikel ini.

Seperti diketahui, pembalap Indonesia yakni Mario Suryo Aji baru saja resmi naik kelas Moto2 untuk musim 2024 mendatang. Pengumuman ini disampaikan jelang seri balap MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

Ajang balapan bergengsi MotoGP Mandalika 2023 akan segera bergulir pada 13-15 Oktober 2023 akhir pekan ini di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Naiknya Mario Aji ke Moto2 memang sudah menjadi desas-desus dalam beberapa minggu terakhir. Ia akan menggantikan Ai Ogura yang memutuskan pindah ke tim MT Helmets - MSI bulan lalu.

Sebelum berlaga di Moto2, Mario Aji sempat mengungkapkan targetnya. Ia ingin menyudahi balapan 2023 dengan baik dan berlatih lebih keras pada musim dingin atau Januari 2024 mendatang.

Salah satunya dengan tampil apik di balapan kandang di Moto3 Mandalika 2023. Pembalap yang dijuluki Super Mario itu mengaku tidak ingin mengulang kesalahan yang sama seperti tahun lalu di Sirkuit Mandalika.

Kala itu ia yang berhasil starting grid ketiga dalam sesi balapan, justru tidak dapat memanfaatkan momentum itu setelah hanya menyelesaikan balapan pada posisi ke-14.

“Untuk Mandalika, tahun lalu start ketiga, tapi saya kurang bisa maksimalkan. Jadi targetnya tahun ini bisa lebih kuat selama balapan,” kata Mario Aji, dilansir Antara.

Mario Aji sendiri juga mengaku tidak ingin mengambil tekanan dari dukungan masyarakat, dan ingin membalap sebaik mungkin di Moto3 Mandalika 2023 nanti.

Sementara itu, Mario Suryo Aji bakal menjadi pembalap kelima Indonesia yang tampil di Moto2. Sebelumnya ada empat pembalap yang pernah tampil yaitu Doni Tata Pradita, Rafid Topan Sucipto, Dimas Ekky Pratama dan Andi Gilang.

Hanya saja, nasib keempat pembalap Indonesia tersebut berakhir buruk. Mereka hanya diberi kesempatan selama satu musim untuk unjuk gigi di kelas Moto2, dan hasilnya sudah bisa ditebak mereka gagal tampil gemilang.

Lantas apakah Mario Suryo Aji bisa tampil melebihi para pendahulunya? Berikut INDOSPORT telah merangkum profil sang pembalap andalan Indonesia tersebut.