x

5 Pembalap Muda Italia Ini Bisa Jadi 'Rossi' Masa Depan

Selasa, 19 September 2017 11:58 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Valentino Rossi saat menang di Sirkuit Assen pada tahun 1997.

Absennya juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi di GP Aragon akhir pekan ini rupanya melahirkan banyak spekulasi terkait rencana pensiunnya di akhir musim ini, terlebih setelah Yamaha menunjuk pembalap Belanda, Michael van Der Mark, untuk menggantikannya. 

Dengan cedera yang dialaminya usai terjatuh saat latihan motocross di Italia, Rossi dipaksa harus absen dalam sejumlah laga hingga kondisinya benar-benar pulih. 

Rossi mendulang hasil mengecewakan di FP 1 dan 2 MotoGP Jerman.

Kabar burung terkait rencana pensiun pembalap Italia itu berangkat dari perhatian sejumlah pihak yang memandang usia Rossi yang sudah cukup berumur untuk melanjutkan aksinya di atas lintasan balap. 

Lain dari itu, sejumlah nama rupanya sudah digadang-gadang masuk dalam daftar pembalap yang akan menggantikan Rossi usai dirinya memutuskan tak lagi balapan kelak. 

Baca Juga

Sejumlah nama seperti Jonas Folger hingga Johann Zarco memiliki kemungkinan besar untuk menjadi pembalap yang akan menggeser posisi Rossi di Yamaha musim depan, jika benar dirinya akan memutuskan untuk pensiun.

Namun berbicara soal sosok 'Rossi' yang lain di masa depan, berikut INDOSPORT merangkum lima pembalap muda asal Italia yang punya kans besar menjadi 'Rossi' yang baru di era mereka nanti. 


1. Fabio Di Giannantonio

Fabio Di Giannantonio.

Pemuda berusia 18 tahun tersebut merupakan salah satu pembalap muda berdarah Italia. Sederet prestasinya di lintasan balap dimulai pada 2015 lalu. 

Fabio Di Giannantonio berhasil meraih posisi kedua dalam ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup di tahun tersebut, meski dirinya baru saja menjalani debut pembalapnya setahun sebelumnya. 

Baca Juga

Di tahun yang sama, dirinya juga melakukan debut sebagai pembalap Gresini Racing dalam Moto3 World Championship di GP Valencia.

Tahun 2016, pembalap kelahiran Roma itu akhirnya memutuskan menjadi pembalap penuh di kelas yang sama. Ia memperoleh podium pertamanya di posisi kedua saat menjalani balapan seri keenam di Mugello. 

Pada musim ini, ia masih menjalani laganya di kelas Moto3 bersama timnya Del Conca Gresini menggunakan motor Honda. Di Giannatonio berada di posisi kelima klasemen sementara Moto3 musim 2017 ini. 


2. Enea Bastianini

Enea Bastianini.

Menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di lintasan balap, Bastianini memutuskan untuk turun ke Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013 lalu. Ia memperoleh kemenangannya di posisi keempat dalam ajang kompetisi pembalap muda tersebut. 

Sama seperti Di Giannatonio, Bastianini pun mengambil langkah pertamanya di Moto3 dengan ikut dalam lima seri balapan kejuaraan Italia. 

Baca Juga

Bersama dengan Team GO&FUN, ia memulai debutnya di Moto3 World Championship pada 2014 lalu. Pada 2015, pembalap berusia 19 tahun itu berhasil mengukuhkan posisi ketiga dalam klasemen akhir Moto3. 

Bastianini mencapai prestasinya yang gemilang kembali usai menempati posisi kedua klasemen akhir musim kemarin. Kini, ia bersama Estrella Galicia masih bercokol di posisi kesembilan klasemen sementara Moto3 musim ini. 


3. Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia.

Pembalap Italia kelahiran 14 Januari 1997 kini tengah berkompetisi bersama tim asuhan Valentino Rossi, VR46 di ajang Moto2 World Championship. 

Bagnaia yang lahir di Turin, Italia memulai debutnya pada 2012 lalu bersama motornya Honda Moto3 NSF250R di kejuaraan CEV Moto3 dan berhasil keluar di posisi ketiga pada akhir musim itu.

Baca Juga

Pada 2016 lalu, ia memulai musim tersebut dengan berhasil finish di posisi kedua saat GP Qatar, dan meraih posisi podium lagi di Spanyol. 

Anggota VR46 itu mengakhiri musim kemarin dengan 145 poin, menempati posisi keempat klasemen Moto3 dengan total dua kemenangan dan enam podium.

Kini, Bagnaia balapan bersama SKY Racing Team VR46 dengan perolehan 124 poin dan menempati posisi kelima pada daftar klasemen sementara Moto2.


4. Lorenzo Baldassarri

Lorenzo Baldassarri.

Baldassari merupakan salah satu pembalap muda Italia yang saat ini tengah membela Foward Racing di ajang Moto2 World Championship. 

Ia sempat keluar sebagai juara pada 2011 lalu dalam ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup, sebelum akhirnya memutuskan untuk ikut berkompetisi di kejuaraan CIV 125GP.

Baca Juga

Hanya dalam kurun waktu setahun ia berada di kelas Moto3, pada 2014 ia akhirnya berlaga di kelas Moto2 untuk pertama kalinya bersama tim Gresini Moto2.

Bersama dengan Forward Racing Team, kini ia berhasil mengumpulkan 39 poin dengan menduduki posisi ke-16 klasemen sementara Moto2 musim ini. 


5. Franco Morbidelli

Valentino Rossi dan anak didiknya, Franco Morbidelli.

Morbidelli telah banyak digadang-gadang memiliki sosok 'Rossi' yang lain di masa depan dunia balapan motor. Pembalap kelahiran 4 Desember 1994 tersebut sempat menjuarai European Superstock 600 pada 2013 lalu. 

Di tahun yang sama, Morbidelli memulai debutnya di ajang balap kelas Moto2 bersama Federal Oil Grasini. Dari musim ke musim, pembalap kelahiran Roma, Italia tersebut terus memberikan perkembangan yang signifikan. 

Baca Juga

Hingga akhirnya, ia berhasil mengakhiri musim lalu dengan perolehan 213 poin dan mampu menduduki posisi keempat klasemen Moto2.

Bersama Estrella Galicia, ia berhasil memuncaki klasemen sementara musim ini dengan berhasil mengumpulkan 223 poin usai melewati 13 seri sebelumnya. 

Valentino RossiMotoGPMoto3Moto2MotoGP AragonEnea BastianiniFranco Morbidelli

Berita Terkini