x

Terpuruk di Kualifikasi MotoGP Argentina, Rossi Alami Krisis

Minggu, 8 April 2018 15:29 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Valentino Rossi dalam sebuah konferensi pers.

Duo Yamaha, yakni Valentino Rossi dan Maverick Vinales melempem di sesi kualifikasi MotoGP Argentina. Membalap di tengah guyuran hujan deras di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Rossi harus memulai balapan malam nanti dari urutan 11, sementara Vinales di posisi kesembilan.

Baca Juga

Usai meraih hasil kurang memuaskan, Rossi menyebut jika ia kini tengah berada dalam masa ‘krisis’. Beberapa pembalap memang mencoba mengakali trek basah Sirkuit Termas de Rio Hondo dengan mengganti slick ban mereka.


1. Ban Buat Rossi Melempem

Valetino Rossi dan Andrea Dovizioso.

Namun hanya Jack Miller yang sukses menggunakan strategi tersebut hingga keluar di urutan pertama.

Rossi mengakui ia melewati masa-masa sulit karena ban basah miliknya justru tak terlalu mulus saat dipakai membalap di trek sirkuit yang tengah dikeringkan.

"Ini adalah hari yang sulit bagi saya, karena dalam kondisi ini. Ketika Anda harus keluar dengan ban basah, tetapi aspal menjadi kering dan itu menjadi masalah untuk saya,” ujar pembalap pemilik nomor 46 tersebut seperti dilansir Crash.


2. Gagal Saingi Kompetitor di Kualifikasi

Valentino Rossi saat berada di depan para pembalap di GP Qatar 2018.

"Karena bagi saya ban terlalu lunak dan setelah dua lap saya mendapat banyak krisis, terutama dengan ban bagian depan, plus juga bagian belakang,” tambahnya.

Rossi menyebut jika ia berusaha keras untuk kembali mengusai motornya, namun sayang saat berusaha menggeber motor untuk memenangi kualifikasi, ia tak mampu mengejar ketertinggalan waktu pembalap yang berada di atasnya.


3. Tak Moncer di Argentina

Marc Marquez jatuh usai ditendang Rossi.

Sebelum terpuruk di kualifikasi, torehan Rossi di sesi latihan bebas jelang MotoGP Argentina juga tak terlalu bagus. Vinales dan Rossi berada di urutan keenam dan ketujuh tercepat dalam latihan Jumat kering, kemudian kesepuluh (Rossi) dan 17 (Vinales) di FP4 yang sepenuhnya basah.

"Kami berharap besok trek akan kering, terlepas dari cuaca, itu akan menjadi balapan yang sulit. Kami bertujuan untuk membuat langkah lain dalam pemanasan besok pagi," kata manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli.

Valentino RossiMotoGPMotoGP 2018

Berita Terkini