Bela Diri Asli Indonesia Diminati Suriname, Begini Respons Atlet Pencak Silat Puspa Arumsari

Senin, 26 Agustus 2019 13:54 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Atlet pencak silat putri Indonesia Puspa Arumsari memberikan respons usai cabang olahhraga bela diri asli Tanah Air itu sampai diminati Suriname.

Bagi Puspa, ini menjadi sebuah keistimewaan tersendiri. Lantaran berkat perjuangan semua pihak, pencak silat bisa semakin dikenal dunia.

“Jelas bangga, karena kan pencak silat kan memang asli Indonesia dan sudah mulai menginjakkan kakinya di dunia. Apalagi jauh gitu kan Suriname,” tutur Puspa kepada INDOSPORT.com.

Sepengetahuan Puspa mayoritas penduduk Suriname keturunan darah Jawa. Jadi dapat sebuah keuntungan kalau misalnya pencak silat sampai sana dan berkembang di sana juga.

“Ditambah lagi kita juga ingin pencak silat goes to Olimpiade, ya itu salah satu pendukung juga supaya lebih cepat terealisasi,” tambah Puspa.

Sebelumnya pemerintah Suriname meminta agar pencak silat Indonesia bisa dikembangkan di negara mereka. Hal itu disampaikan ketika pemerintah Indonesia berkunjung ke Paramaribo, Suriname.

Selain prestasi, pencak silat juga bakal dimasukan sebagai kegiatan ekstrakulikuler di sekolah-sekolah untuk memperkuat karakter anak-anak Suriname ke depannya, seperti dikutip laman resmi DPR.

“Hari ini Delegasi DPR RI bertemu dengan Menpora dan Mendikbud Suriname. Khusus pertemuan dengan Menpora, mereka minta dikirim pelatih pencak silat untuk kegiatan ekstrakulikuler,” papar Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto (fraksi PDIP), Selasa (20/8/19).

Dalam laman resmi Kemendikbud Indonesia, pencak silat merupakan olahraga bela diri yang juga mengandung nilai-nilai seni tradisional Tanah Air. Pencak silat juga memiliki empat aspek utama mulai dari (1) aspek mental, (2), aspek seni budaya, (3) aspek bela diri, dan (4) aspek olahraga.