Oase

Profil Wali Kota Bandung Oded M Danial: Dari BJ Habibie hingga Jualan Es

Jumat, 10 Desember 2021 19:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Dok. Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung, Oded M Danial, meninggal dunia. Copyright: © Dok. Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung, Oded M Danial, meninggal dunia.

INDOSPORT.COM - Wali Kota Bandung, Oded M Danial, yang pernah jadi anak buah BJ Habibie, tutup usia pada hari ini, Jumat (10/12/21) siang WIB.

Kepergiannya pun membawa duka bagi orang-orang terdekat, kawan-kawan, maupun dunia politik Indonesia. Menurut kabar, ia kolaps ketika akan jadi khatib ibadah salat Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Bandung.

Sosok yang juga akrab dipanggil Mang Oded tersebut mendadak pingsan ketika akan naik mimbar. Ia pun kemudian dibawa ke RS Muhammadiyah agar segera mendapat penanganan medis.

Akan tetapi, ternyata Tuhan berkehendak lain dan memanggil wali kota Bandung periode 2018-2023 ini. Banyak rekan dan kawan almarhum turut menyampaikan rasa belasungkawa dan kehilangan yang besar.

Salah satunya adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Tidak lama setelah kabar Mang Oded meninggal dunia, ia pun langsung membuat sebuah postingan apresiasi untuk kawannya tersebut.

“Telah berpulang sahabat terbaik saya, Wali Kota Bandung KH Oded M Danial. Almarhum berpulang saat melaksanakan Shalat Tahiyatul Masjid menjelang tugasnya menjadi Khatib Jumat.

“Rasa dukacita yang sangaaat mendalam atas kepulangan almarhum. Insya Allah husnul khatimah dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran,” ujar Ridwan Kamil dalam caption.

Tidak lupa, Ridwan Kamil juga mengenang masa-masa dirinya bekerja sama membangun Bandung bersama almarhum selama periode 2013 sampai dengan 2018.

Ia menilai almarhum sebagai sosok yang saleh dan berakhak mulia, serta patur dijadikan teladan orang-orang di sekitarnya.

Ya, Oded M Danial pernah berduet bersama Ridwan Kamil sebagai wakil wali kota dan wali kota Bandung selama lima tahun.

Pernah saling bahu-membahu sebagai partner, tentu saja kepulangan Mang Oded ini membuat Kang Emil terpukul. Ia bahkan menangis ketika turut berdoa di hadapan jenazah almarhum, Jumat (10/12/21).