Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017

Kevin/Marcus dan 3 Wakil Indonesia ke Perempatfinal Kejuaraan Dunia

Jumat, 25 Agustus 2017 14:04 WIB
Editor: Ramadhan
© HUMAS PBSI
Aksi selebrasi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Copyright: © HUMAS PBSI
Aksi selebrasi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Indonesia kembali melanjutkan dominasinya di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau BWF World Championships 2017 yang berlangsung di Glasgow. Sebanyak empat wakil Tim Merah Putih berhasil melesat ke babak perempatfinal setelah menyingkirkan lawan-lawannya.

Sektor ganda putra dan campuran masih menjadi andalan dan berhasil mengirimkan wakilnya. Untuk sektor ganda putra ada pasangan andalan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro yang grafik penampilannya tengah menanjak.

© MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo selebrasi setelah kalahkan Fu Haifeng dan Zheng Siwei. Copyright: MOHD RASFAN/AFP/Getty ImagesMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo selebrasi setelah kalahkan Fu Haifeng dan Zheng Siwei.

Marcus/Kevin sendiri berhasil mengalahkan pasangan asal Rusia,Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov lewat pertarungan dua set dengan skor 21-19, 21-16. Sementara Ahsan/Rian menyingkirkan pasangan asal Denmark, Mathias Christiansen/David Daugaard dengan skor akhir 21-19, 21-12.

Lalu, sektor ganda campuran mengirimkan dua pasangan andalannya yang lolos ke babak perempatfinal yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto.

© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro saat melawan Li Junhui/Liu Yuchen. Copyright: Humas PBSIMohammad Ahsan/Rian Agung Saputro saat melawan Li Junhui/Liu Yuchen.

Praveen/Debby lolos ke perempat final setelah menundukkan pasangan asal India, Pranaav Jerry Chopra/Sikki Reddy lewat pertarungan ketat rubber set dengan skor akhir 20-22, 21-18, 21-18.

“Di game pertama kami salah menerapkan pola main, tetapi kami kemudian sadar kalau pola yang dipakai ini salah. Sebetulnya tidak ada masalah dengan performa kami berdua,” ujar Praveen Jordan dalam rilis resmi yang diterima INDOSPORT.

© Humas PBSI
Praveen Jordan/Debby Susanto di Kejuaraan Dunia 2017. Copyright: Humas PBSIPraveen Jordan/Debby Susanto di Kejuaraan Dunia 2017.

“Yang harus diingat selama bertanding di sini adalah kami harus main sabar, soalnya shuttlecock yang digunakan berat, jadi tidak bisa mematikan lawan dengan satu atau dua pukulan saja,” sambung Praveen.

Pada babak perempatfinal nanti, Praveen/Debby kembali dipertemukan dengan pasangan terbaik dunia asal Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen. Ini jadi pertemuan kelima bagi kedua pasangan, di mana Praveen/Debby belum pernah sekalipun menghadang Zheng/Chen, termasuk pada pertemuan terakhir di final Australia Open Super Series 2017.

© Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak pertama Australia Open 2017. Copyright: Humas PBSITontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak pertama Australia Open 2017.

“Kami mau mau belajar dari pertemuan di Australia, menerapkan pola yang bisa dijalankan dan koreksi apa kesalahan yang dilakukan kemarin,” lanjut Praveen.

Laga perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 akan berlangsung pada hari ini, Jumat (25/08/17). Siaran langsung sendiri akan berlangsung pada pukul 22.00 WIB.