Del Potro, dari Rekor Pribadi hingga Kecintaannya terhadap Sepakbola

Kamis, 7 September 2017 13:59 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Juan Martin del Potro saat akan memukul bola tenis dari Roger Federer. Copyright: © getty images
Juan Martin del Potro saat akan memukul bola tenis dari Roger Federer.

Nama Juan Martin del Potro saat ini mencuat, pasca mengalahkan Roger Federer di babak perempatfinal Amerika Serikat (AS) Terbuka 2017. Dalam pertandingan tersebut, petenis asal Argentina itu berhasil mengalahkan Federer dengan melalui empat set, 7-5, 3-6, 7(10-8)8, 6-4.

Jelas, hal ini mengejutkan beberapa pemerhati olahraga tenis. Pasalnya, lawan yang dikalahkan oleh Potro adalah Federer, petenis yang saat ini menduduki peringkat tiga terbaik dunia asal Swiss dan juga salah satu yang dijagokan untuk menjuarai turnamen ini.

Sejatinya, petenis berusia 28 tahun itu pernah dikagumi pada tahun 2009, ketika menjuarai kejuaraan Amerika Serikat (AS) Terbuka 2009. Dirinya kala itu mengalahkan lawan yang sama, Roger Federer, di partai final melalui lima set, yakni 3-6, 7-6 (7-5), 4-6, 7-6 (7-4), 6-2.

Kemenangan tersebut sempat menjadikannya petenis terbaik keempat di dunia pada tahun 2010. Namun, prestasinya menurun beriringan dengan cedera pada pergelangan tangan yang dialaminya.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Juan Martin del Potro dan Roger Federe. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTJuan Martin del Potro dan Roger Federer.

Kini, Potro nantinya akan berhadapan dengan Rafael Nadal di babak semifinal, salah satu petenis yang diunggulkan dalam kejuaraan Amerika Serikat (AS) Terbuka 2017 kali ini. Melihat akan hal itu, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa fakta menarik pria asal Argentina ini.