Begini Cara Panitia Indonesia Masters 'Hukum' Pelanggar Aturan di Istora

Kamis, 25 Januari 2018 12:21 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Istora Senayan menjadi venue Indonesia Masters 2018. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Istora Senayan menjadi venue Indonesia Masters 2018.

Sejak Selasa (23/01/18) hingga Minggu (28/01/18) mendatang tengah berlangsung kejuaraan BWF World Tour, Indonesia Masters 2018. Kejuaraan yang memperebutkan hadiah dengan total 350 ribu USD (sekitar Rp4,6 miliar) tersebut berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan.

Perlu diketahui, ini merupakan pertama kalinya gedung yang telah berdiri sejak 1961 silam itu digunakan. Sebelumnya, Istora Senayan dilarang digunakan untuk berbagai kegiatan karena tengah direnovasi, sebelum nantinya digunakan sebagai salah satu venue Asian Games 2018.

© HUMAS PBSI
Indonesia Masters 2018 bakal menjadi event pertama Istana Olahraga (Istora) setelah direnovasi. Copyright: HUMAS PBSIKondisi di dalam Istora Senayan.

Setelah direnovasi, kondisi lapangan dan pencahayaan gedung memang lebih mewah. Belum lagi seisi stadion juga terlihat megah dengan adanya single seat yang didominasi warna putih dan abu-abu serta dilengkapi dengan nomor.

Sayangnya, meski telah dipercantik, masih saja ada orang-orang tidak bertanggung jawab, yang dengan sikapnya bisa membuat fasilitas di Istora menjadi rusak. Contohnya, yang terjadi selama perhelatan Indonesia Masters 2018.

Sejumlah penonton masih saja ada yang terlihat menaruh kaki di bagian atas kursi yang ada di depannya. Padahal, sudah ada peringatan agar penonton duduk dengan posisi benar dan tidak menempatkan pergelangan kaki di kursi lain.

Demi mencegah hal tersebut berlanjut, panitia pelaksana Indonesia Masters 2018 pun punya cara jitu untuk membuat jera para pelanggar aturan tersebut. Setiap kali ada penonton yang melakukan pelanggaran, ia akan langsung disorot kamera dan wajahnya diperlihatkan di dua layar besar yang berada di sisi barat dan timur gedung Istora.

Dari pantauan awak INDOSPORT yang berada di lokasi pada Rabu (24/01/18) kemarin, setidaknya lebih dari empat orang tersorot oleh kamera saat menaruh kakinya di atas kursi. Setiap kali mereka tersorot, penonton-penonton lain secara serempak akan menyoraki oknum pelanggar aturan tersebut, agar segera menurunkan kakinya.

Parahnya, beberapa oknum pelanggar aturan tersebut tidak sadar bahwa dirinya disorot karena melakukan pelanggaran. Alih-alih merasa malu dan segera menurunkan kakinya, mereka justru melambaikan tangan seraya tersenyum, yang tentu saja membuat penonton lain semakin geram.

Nah, bagi para pembaca setia INDOSPORT yang hendak berangkat untuk menyaksikan langsung gelaran Indonesia Masters 2018, ada baiknya mengikuti aturan yang berlaku. Salah-salah, wajah Anda bisa terkenal seantero Istora sebagai pelanggar aturan.