Lolos ke Final AS Terbuka, Serena Williams: Ini Berkat Taktik Federer

Sabtu, 8 September 2018 07:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Page Six
Serena Williams. Copyright: © Page Six
Serena Williams.

INDOSPORT.com – Serena Williams akhirnya berhasil mengamankan tiket final AS Terbuka dengan sukses menerapkan taktik juara dunia Roger Federer di semifinal.

Williams dengan mudah menundukkan Anastasija Sevastova dengan dua set 6-3,6-0 di pertandingan semifinal mereka, Jumat (07/09/18).

Kemenangan yang mudah tersebut rupanya diperoleh dengan juara Grand Slam 23 kali itu mencoba meniru taktik Roger Federer, petenis yang secara mengejutkan tersingkir lebih dulu di turnamen tersebut.

Taktik tersebut dikenal dengan  istilah SABR, yakni singkatan dari Secret Attact By Roger, yang dipopulerkan Federer selama musim hard-court Amerika pada tahun 2015.

Taktik ini dikenal berisiko tinggi dengan mencoba menempatkan server pada sisi pertahanan setengah pengembalian bola di luar kotak servis.

“Saya telah berlatih (taktik) itu,” aku Williams dilansir Express UK. “Saya pikir itu tergantung (kemampuan). Petenis khsusu seperti saya merasa perlu melakukan usaha lebih banyak.”

“Bagi saya, saya perlu melakukan hal-hal kecil yang berbeda untuk setiap pemain lawan. Saya merasa saya telah kehilangan banyak pertandingan melawan pemain seperti ini (Osaka). Tidak banyak, tetapi saya kehilangan sebagian (peluang),” lanjutnya.

Dan rupanya William berhasil melakukan percobaan tersebut sehingga ia akan melanjutkan taktik tersebut saat menghadapi petenis asal Jepang, Naomi Osaka, di final nanti.

“Saya ingin melihat apa yang bisa saya lakukan lebih baik untuk memenangkan pertandingan melawan pemain yang bisa banyak mengembalikan bola. Teruslah berusaha untuk berkembang.”

William berambisi untuk memenangkan gelar Grand Slam ke-24 dimana dirinya akan menciptakan sejarah dengan menaklukkan pemegang rekor sepanjang masa, Margaret Court.

Atas kelolosannya ke final kali ini, petenis berusia 36 tahun itu merasa sangat bahagia.