Usai Kena Kanker Hidung, Lee Chong Wei Bakal Dibantu Orang Indonesia

Selasa, 13 November 2018 16:39 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© BHarian
Datuk Ng Chin Chai (kiri) saat merangkul Lee Chong Wei Copyright: © BHarian
Datuk Ng Chin Chai (kiri) saat merangkul Lee Chong Wei

INDOSPORT.COM – Pelatih bulutangkis asal Indonesia, Hendrawan, memiliki misi khusus untuk Lee Chong Wei, yang mengincar gelar di Olimpiade Tokyo 2020.

Hendrawan yang sukses berkarier di luar negeri sebagai pelatih untuk kelas single ini  mempunyai tugas besar untuk mengembalikan Chong Wei ke performa terbaiknya, baik secara mental maupun fisik, setelah pebulutangkis itu didianogsa terkena kanker hidung.

Hendrawan mengatakan situasinya berbeda dari ketika Chong Wei telah menjalani larangan delapan bulan untuk doping pada tahun 2015, dilansir dari laman berita olahraga asal Malaysia, Newstraits Times.

"Ini akan menjadi tantangan yang lebih berat bagi Chong Wei dan saya sendiri karena dia semakin tua. Saya tidak khawatir tentang keterampilan atau tekniknya, Chong Wei adalah salah satu pemain terbaik di dunia dan dia memiliki pengalaman. Dia tidak akan kehilangan itu,” kata Hendrawan.

"Bagian tersulit adalah mengembalikannya ke level performa tinggi. Chong Wei akan melalui awal yang sulit ketika dia kembali. Saya akan berdiskusi dengan Misbun Sidek (pelatih kepala) mengenai programnya. Dia masih perlu berkompetisi di turnamen untuk mengumpulkan poin-poin kualifikasi untuk Olimpiade,”

Chong Wei menegaskan dalam konferensi pers pada pekan lalu bahwa ia berniat tetap bermain hingga Olimpiade 2020. Dia juga mengumumkan dirinya telah dinyatakan pulih dari penyakit mematikan tersebut.

Peraih medali perak Olimpiade tiga kali ini masih dalam tahap pemulihan dan akan membutuhkan izin dari dokternya sebelum ia dapat kembali bertanding. Selain itu ia juga perlu menjalani perawatan lanjutan setiap tiga bulan.

"Saya tidak memikirkan kapan dia bisa kembali bermain. Biarkan dia beristirahat dan memulihkan diri. Kami akan membicarakan programnya ketika dia kembali. Tetapi berdasarkan konferensi persnya, saya percaya dia masih memiliki hasrat yang membara dan itu adalah sesuatu yang positif,” tutup Hendrawan.

Sekadar informasi, setelah absen lama dari turnamen bulutangkis, peringkat BWF yang dimiliki Lee Chong Wei turun ke posisi delapan.

Ikuti Terus Update Bulutangkis dan Berita Olahraga Lainnya INDOSPORT.COM