Bertanding saat Cuaca Ekstrem, Australia Open Kenalkan Kebijakan Baru

Sabtu, 29 Desember 2018 14:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© getty images
Roger Federer. Copyright: © getty images
Roger Federer.

INDOSPORT.COM – Perhelatan Grand Slam Tenis Australia Open 2019 memperkenalkan kebijakan baru lantaran dilangsungkan pada musim panas yang cukup ekstrem. Pemain yang tengah berlaga diizinkan untuk beristirahat selama 10 menit di tengah-tengah pertandingan.

Tak hanya itu, pengukuran cuaca pada pertandingan Grand Slam ini dibantu alat pendeteksi yang disebut sebagai Heat Stress Scale (HSS). Skala pengukur ini dilengkapi dengan satuan berkisar antara satu sampai lima.

Skala satu menunjukkan permainan akan berlangsung normal, sementara jika telah mencapai skala empat hingga lima, maka permainan harus dihentikan selama 10 menit.

Australia Open untuk putra sendiri akan dilangsungkan di Melbourne Park pada 14-27 Januari 2019 mendatang. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh direktur turnamen, Craig Tiley.

“Pada tunggal putra, istirahat sepuluh menit akan diizinkan setelah set ketiga ketika skala empat dicatat pada AO HSS, sebelum atau selama tiga set pertama pertandingan,” ujar Tiley, seperti dinukil dari Euronews.

Ketika skalanya mencapai lima, wasit turnamen dapat menunda pertandingan di lapangan luar dan memutuskan untuk menutup atap di tiga lapangan pertandingan, yakni Rod Laver Arena, Margaret Court Arena dan Melbourne Arena.

Kebijakan ini juga kemudian akan dilanjutkan untuk turnamen tenis nomor kursi roda, yang akan mendapat jatah istirahat selama 15 menit di tengah pertandingan.

Ikuti Terus Informasi Seputar Olahraga Tenis dan Cabang Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.