Ini Alasan Mengejutkan Roger Federer Tersingkir dari Australia Open 2019

Senin, 21 Januari 2019 18:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sport Express
Roger Federer tampak lesu meninggalkan lapangan usai tersingkir di Australia Terbua 2019 Copyright: © Sport Express
Roger Federer tampak lesu meninggalkan lapangan usai tersingkir di Australia Terbua 2019

INDOSPORT.COM – Roger Federer tersingkir dari babak empat Australia Open 2019 setelah dikalahkan Stefanos Tsitsipas, Senin (21/01/19).

Menurut pengamat tenis, Chaterine Whitaker, kekalahan ini disebabkan karena fisik Federer tidak sebugar dulu saat masih muda.

Federer terpaksa menyerah dari rivalnya asal Yunani dalam pertandingan babak keempat yang berlangsung selama tiga jam 45 menit. Ia ditundukkan petenis muda itu dengan kedudukan 6-7 (11-13), 7-6 (7-3), 7-5, dan 7-6 (7-5).

Pada usianya yang menginjak 37 tahun, Federer emang bisa dibilang merupakan petenis yang sanggup melakukan apapun untuk memenangkan pertandingan.

Namun, Federer tidak bisa berkutik ketika melawan petenis yang lebih muda dan memainkan pertandingan dalam set  yang panjang.

“Saya tidak berpikir Federer akan kalah di pertandingan itu secara fisik, namun saya pikir dia tahu dia akan kalah secara fisik jika harus bermain lima set,” kata Whitetaker dalam program Tennis Podcas yang dikutip Sport Express.

“Ia mengalami kesulitan di set keempat. Menurut saya, dia pasti berpikir‘oh ya ampun saya tidak bisa melakukan ini lagi jika harus lima (set)' ketika mengalami kesulitan di set keempat,” lanjutnya.

“Ini merupakan ketidakmampuannya melakukan pertandingan dalam waktu yang lama, secara fisik, dan saya pikir ini menjadi faktor (kekalalahan Federer),” tutupnya.

Pada laga tersebut, Federer dipaksa melakukan kesalahan oleh petenis ungulan ke-16 itu saat mengembalikan bola backhand. Poin inilah yang membuatnya gagal menciptakan poin.

Kekalahan ini menjadi yang kali kedua dalam 16 tahun terakhir dalam momen Federer gagal menembus babak delapan besar. Federer sendiri sudah enam kali menjadi juara Australia Terbuka dalam sejarahnya.

Terus Ikuti Berita Raket  dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

3