Kei Nishikori Ungkap Alasan Mundur Lawan Djokovic di Australia Terbuka

Kamis, 24 Januari 2019 12:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Euro Sport
Kei Nishikori dan Novak Djokovic di Australia Terbuka 2019 Copyright: © Euro Sport
Kei Nishikori dan Novak Djokovic di Australia Terbuka 2019

INDOSPORT.COM – Petenis Jepang, Kei Nishikori, akhirnya angkat bicara terkait dengan penyebab cedera paha yang memaksanya untuk mundur melawan Novak Djokovic di perempatfinal Australia Terbuka 2019, Rabu (23/01/19).

Impian Nishikori melaju ke semifinal gagal menyusul keputusannya untuk mundur di tengah pertandingan karena cedera. Ia sempat mendapat perawatan dari staf medis saat meminta time-out, namun cedera paha kanannya tak segera membaik.

Saat memutuskan mundur, Nishikori tertinggal 1-4 di set kedua, sementara di set pertama dia menerima kekalahan dengan skor 1-6.

“Sebelum pertandingan, saya baik-baik saja. Tentu saja, saya tidak (merasa sakit), segar bugar. Saya pikir saya akan baik-baik saja,” ujar Nishikori dilansir Tennis World USA.

“Setelah game ketiga atau keempat ketika saya melakukan servis, saya merasa kaki kanan saya cukup berat. Setelah itu saya tidak bisa menekuk lutut saja dan tidak bisa melompat. Ya, saya memutuskan untuk berhenti,” jelang Nishikori.

Nishikori juga menjelaskan cedera itu diakibatkan karena tiga dari empat pertandingan pertamanya dilalui dengan empat set, terutama saat menundukkan Ivo Karlovic di babak kedua dan Pablo Carreno di babak 16.

Pertandingan semacam itu jelas memforsir energinya secara berlebihan sehingga membuat cedera mudah menyerang.

“Yah, saya yakin itu berasal dari pertandingan sebelumnya, terutama di pertandingan terakhir.”

“Saya banyak bergerak, membuang energi terlalu banyak. Bisa dari itu dan juga, ya, sesuatu terjadi hari ini selama pertandingan.”

Petenis unggulan pertama, Djokovic, sementara itu berhasil melenggang mulus ke semifinal turnamen di Melbourne. Ia akan berhadapan dengan Stefanos Tsitsipas yang juga menyingkirkan Roger Federer di perempatfinal.

Terus Ikuti Berita Raket  dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT