3 Hal yang Bisa Bikin Roger Federer Pensiun dari Tenis

Kamis, 28 Maret 2019 23:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Roger Federer, petenis asal Swiss. Copyright: © Getty Images
Roger Federer, petenis asal Swiss.

INDOSPORT.COMRoger Federer mengungkapkan sejumlah faktor yang bisa mendorongnya memasuki masa pensiun dari dunia tenis, di antaranya kesehatan, keluarga, dan tak lagi menjuarai turnamen.

Federer telah mengoleksi 20 gelar Grand Slam selama 21 tahun kariernya di ATP Tour. Meski begitu, performanya semakin menjadi ancaman bagi petenis lain.

Di usianya yang ke-37 tahun, petenis asal Swiss ini belum juga memikirkan pensiun. Baru-baru ini, Federer membuka kemungkinan akan menggantung raket apabila kesehatannya terganggu dan keluarganya tak lagi bahagia.

“Mungkin (saya akan pensiun), jika keluarga saya tidak akan bahagia maka saya tidak akan melakukannya (tenis). Jika istri saya tidak bahagia, sama saja,” kata Federer kepada ESPN.

“Lalu jika tubuh saya merasa sering sakit, tidak akan menyenangkan lagi jika tubuh saya tidak memungkinkan saya mencapai level yang saya miliki saat ini,” lanjutnya.

Muncul spekulasi bahwa Federer juga akan gantung raket sehari setelah Olimpiade Tokyo 2020. Sejauh ini, Federer memang belum pernah menyabet medali emas Olimpiade sejak terakhir kali ia menjadi runner up di edisi London 2012.

Ia pun menambahkan bahwa apabila ia tak lagi bisa menjadi juara di turnamen berikutnya, maka besar kemungkinan ia akan mengakhiri kariernya yang gemilang. Namun ia menampik Olimpiade Tokyo akan menjadi turnamen terakhirnya. 

“Dan jika saya merasa saya tidak bisa mengalahkan yang terbaik lagi, itu bisa menjadi alasan lain,” imbuhnya. “Selama semua bintang sejajar (levelnya), Anda harus menjadi sempurna.”

“Kami tidak berpikir soal pensiun. Karena saya merasa semakin saya memikirkannya, semakin dekat saya dengan hal itu. Belum ada rencana, memang ada rumor setelah Olimpiade Tokyo, namun itu tidak benar. “

Saat ini Federer mengejar trofi keempat Miami Open dengan memastikan lolos ke babak perempatfinal. Federer mengalahkan petenis Rusia, unggulan ke-13 Daniil Medvedev, 6-4, 6-2 dalam waktu satu jam satu menit di babak keempat, Kamis (28/03/19) pagi hari WIB.

Federer juga memenangkan gelar ke-100 di Dubai bulan lalu sebelum melanjutkannya dengan mencapai final Indian Wells Masters namun gagal meraih kemenangan.

Ikuti Terus Berita Raket  dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM