12 Tahun 'Menghilang', Apa Kabar Ratu Tenis Indonesia Wynne Prakusya?

Jumat, 31 Mei 2019 16:45 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© JAY DIRECTO/AFP/Getty Images
Wynne Prakusya, ratu tenis Indonesia, peraih emas SEA Games 2005 Manila. Foto: JAY DIRECTO/AFP/Getty Images Copyright: © JAY DIRECTO/AFP/Getty Images
Wynne Prakusya, ratu tenis Indonesia, peraih emas SEA Games 2005 Manila. Foto: JAY DIRECTO/AFP/Getty Images

INDOSPORT.COM – Dunia olahraga tenis Indonesia pernah memiliki ratu dalam diri Wynne Prakusya. Apa kabar Wynne Prakusya saat ini?

Wynne Prakusya memulai karier sebagai pemain tenis sejak usia 6 tahun. Kecintaannya terhadap dunia tenis dan didorong pula dukungan keluarga membuat Wynne Prakusya terjun ke jalur profesional di umur 14 tahun.

Semasa muda, Wynne Prakusya pernah meraih runner up Australia Open 1998 untuk kelas junior tenis tunggal putri. Ia lantas dipercaya membela Indonesia di Asia Games 1998 dan Olimpiade 2000.

Di usia 17 tahun, Wynne Prakusya telah berkiprah di ajang level Asia. Dua tahun kemudian, ia bahkan telah tampil di Olimpiade.

Wynne Prakusya mengharumkan nama Indonesia di ajang multicabang Asian Games 2002 dengan meraih medali emas di nomor beregu dan perak di nomor ganda putri bersama Angelique Widjaja.

Dalam perjuangannya merebut medali di Asian Games 2002, terselip cerita ‘kecurangan’ tuan rumah Korea Selatan yang melakukan segala cara untuk memenangkan pertandingan.

Ia masih mengingat ganda putri Korea Selatan, Kim Mi-ok/Choi Young-ja, selalu diuntungkan dengan keputusan wasit yang dinilai tidak adil.

Puncak kejayaan Wynne Prakusya terjadi pada SEA Games 2005 Manila. Petenis kelahiran Solo ini sukses menyapu bersih emas di nomor tunggal putri, ganda putri, dan beregu.

Pencapaiannya nyaris sempurna andai di nomor ganda campuran, Wynne Prakusya tidak kalah di final. Berkat prestasinya tersebut, Wynne Prakusya dijuluki Ratu Tenis Indonesia.

Hingga akhir kariernya pada 2007, Wynee Prakusya telah meraih 2 gelar WTA nomor ganda, 9 ITF nomor tunggal, dan 17 ITF nomor ganda. Kini apa kesibukan Wynne Prakusya.