3 Sektor Penting Jelang Laga Final Prancis Terbuka 2019: Nadal vs Thiem

Minggu, 9 Juni 2019 18:50 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Steven Ryan/Getty Images
Laga final Prancis Terbuka 2019 akan menghadirkan duel Rafael Nadal vs Dominic Thiem. Copyright: © Steven Ryan/Getty Images
Laga final Prancis Terbuka 2019 akan menghadirkan duel Rafael Nadal vs Dominic Thiem.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga sektor penting yang patut diperhatikan jelang laga Final Prancis Terbuka 2019 antara Rafael Nadal vs Dominic Thiem, Minggu (09/06/19) sore WIB.

Pertandingan final Prancis Terbuka ke-52 sepanjang sejarah tersebut, bakal berlangsung di Roland Garros Stadium, Prancis dan menjadi salah satu laga final tenis yang paling di tunggu di seluruh dunia.

Bukan hanya hadiah yang menggiurkan, venue tanah liat sebagai tempat berlangsungnya pertandingan juga menjadi daya tarik tersendiri lantaran banyak membuat kejutan dan memberikan hiburan bagi para penonton.

Salah satu kejutan juga terjadi di ajang Prancis 2019, di mana petenis nomor satu dunia Novak Djokovic tumbang dari petenis peringkat empat, Dominic Thiem di babak semifnal kemarin.

Keberhasilan Dominic Thiem melangkah ke final Prancis terbukan sendiri menjadi yang kedua kalinya bagi petenis berusia 25 tahun ini, sebelumnya ia juga sempat tampil di laga puncak pada tahun 2018 lalu.

Menariknya, dalam pertandingan yang bakal berlangsung mulai pukul 20.00 WIB sore ini tersebut, Dominic Thiem kembali berhadapan dengan lawan di final tahun 2018 lalu, Rafael Nadal.

Pada babak semifinal sebelumnya, Rafael Nadal berhasil menaklukan salah satu rival terberatnya Roger Federer dengan skor 6-3, 6-4, dan 6-2.

Jelang pertandingan final nanti, terdapat beberapa catatan menarik dari kedua petenis yang wajib diketahui dan akan menambah panasnya laga final kali ini, berikut portal berita olahraga INDOSPORT coba mengulas 3 sektor penting jelang laga Final Prancis Terbuka 2019: Nadal vs Thiem.

1. Usia Kedua Petenis

Dari segi usia Rafael Nadal lebih tua ketimbang Dominic Thiem, di mana kedua petenis ini memiliki jarak umur sekitar tujuh tahun. Nadal saat ini telah menginjak usia 32 tahun, sedangkan Thiem berusia 25 tahun.

Memiliki umur yang jauh lebih tua dari sang lawan, sedikit banyak berpengaruh dalam laga final nanti. Roger yang telah mencapai kepala tiga, kemungkinan kesulitan jika bermain rally yang cukup panjang mengingat kondisi fisiknya yang mungkin tak semaksimal Dominic Thiem.

Namun keunggulan usia dan jam terbang, juga bisa menjadi senjata utama Rafael Nadal dalam meraih kemenangan. Pengalamannya tampil di final bisa membuat petenis asal Spanyol ini bermain santai dan lepas dari tekanan.

2. Catatan Pertemuan

Sepanjang sejarah, kedua petenis tersebut telah saling berhadapan sebanyak 12 kali dan dari total perjumpaan tersebut Rafael Nadal berhasil menjadi yang paling unggul.

Total Nadal telah meraih kemenangan sebanyak 8 kali, termasuk kemenangan dalam partai final Prancis terbuka tahun 2018 lalu, sedangkan Dominic Thiem hanya meraih empat kemenangan.

Meski hanya meraih empat kemenangan, namun Dominic Thiem berhasil menang atas Nadal dalam perjumpaan terakhir atau tepatnya di babak semifinal Barcelona Open tahun 2019.

3. Nadal si Raja Lapangan Lumpur Prancis

Meski Dominic Thiem mampu menaklukan Nadal di babak semifinal Barcelona Open 2019 lalu, namun dari catatan yang ada terlihat jelas jika Nadal sangat sulit dikalahkan khususnya di ajang Prancis Terbuka yang memiliki venue lapangan berlumpur.

Total dari 11 kali penampilannya di partai final Prancis Terbuka, Nadal tak pernah sekalipun keluar sebagai runner-up alias selalu menjadi juara dalam kurun waktu 14 tahun terakhir. Sebuah catatan yang wajib diwaspadai Thiem dalam laga final yang nanti.

Namun meski punya catatan apik saat tampil di lapangan lumpur, Nadal tetap tak boleh meremehkan sang lawan sebab terakhir kali Thiem menaklukan Nadal juga terjadi di lapangan berlumpur, tepatnya di Real Club de Tenis Barcelona.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%