Selain Jakarta, Kota-kota Ini Juga Pernah Jadi Tuan Rumah Indonesia Open

Rabu, 19 Juni 2019 19:45 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Freepik/INDOSPORT
Ilustrasi Indonesia Open Copyright: © Freepik/INDOSPORT
Ilustrasi Indonesia Open

INDOSPORT.COM - Turnamen Indonesia Open 2019 akan segera digelar 16-21 Juli 2019 mendatang di Istora Senayan, Jakarta. Turnamen ini pun dipastikan bakal diikuti oleh berbagai pebulu tangkis top dari berbagai negara.

Namun siapa sangka kalau turnamen BWF World Tour Super 1000 ini ternyata tidak hanya diselenggarakan di Jakarta saja? Ya, terhitung ada 9 kota termasuk Jakarta yang pernah menjadi kota penyelenggara turnamen yang sejauh ini dikuasai Indonesia sebagai tuan rumah mengungguli China dan Jepang.

Indonesia Open memang termasuk salah satu pagelaran prestius di dunia bulutangkis, mengingat jumlah poin yang diperoleh dari turnamen ini akan berdampak besar pada perubahan peringkat dunia para pebulu tangkis.

Lantas kota mana sajakah yang pernah menjadi penyelenggara turnamen Indonesia Open? Berikut INDOSPORT merangkum kota di Indonesia yang pernah menjadi penyelenggara Indonesia Open:

Samarinda

Siapa sangka bahwa Ibu Kota Kalimantan Timur ini pernah menjadi penyelenggara turnamen Indonesia Open? Ya, pada tahun 1990, Samarinda pernah menjadi penyelenggara salah satu turnamen prestisius di dunia bulutangkis.

Bandung

Ibu Kota Jawa Barat juga pernah menjadi penyelenggara turnamen BWF World Tour Super 1000 ini pada tahun 1991.

Semarang

Usai Bandung, turnamen Indonesia Open 1992 diselenggarakan di Ibu Kota Jawa Tengah.

Yogyakarta

Kota Istimewa ini ternyata juga pernah menjadi tuan rumah dari pagelaran turnamen bulutangkis Super 1000 pada tahun 1994.

Surakarta

Sama halnya seperti Yogya, Surakarta pun pernah menjadi penyelenggara kompetisi bulutangkis BWF World Tour ini di tahun 1997.

Denpasar

Ibu Kota Bali ini juga tercatat pernah menjadi penyelenggara Indonesia Open pada tahun 1999.

Surabaya

Demikian pula dengan Ibu Kota Jawa Timur yang pernah menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis Super 1000 di tahun 2002.

Batam

Siapa sangka kalau kota seperti Batam juga pernah menjadi penyelenggara turnamen ini? Ya, kota Batam pernah menjadi penyelenggara Indonesia Open 2003.

Jakarta

Jakarta termasuk kota yang menjadi penyelenggara rutin turnamen Indonesia Open, dari tahun 1993, 1998, 2000-2001, 2004 sampai tahun 2019 mendatang, kota ini dipastikan akan menjadi penyelenggaranya.