Adu Prestasi Semua Nomor Wakil Tanah Air di Ajang Indonesia Open

Sabtu, 6 Juli 2019 18:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda Campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir juara Indonesia Open 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda Campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir juara Indonesia Open 2018.

INDOSPORT.COM - Adu prestasi semua nomor wakil Tanah Air dalam ajang Indonesia Open sejak tahun 1982 silam, nomor manakah yang paling banyak mendulang gelar?

Di 2019 ini, gelaran bulutangkis Indonesia Open akan mulai bergulir pada 16 hingga 21 Juli mendatang dan menjadi turnamen ke-38 sepanjang sejarah.

Selama 37 seri yang sudah dijalani, kontingen Indonesia berhasil menjadi negara yang paling sukses dengan raihan gelar terbanyak dibandingkan negara-negara peserta lain yang pernah ikut di Indonesia Open, seperti China ataupun Korea Selatan.

Total para penggawa Indonesia telah mengumpulkan 84 gelar juara dari berbagai nomor, selisih cukup jauh dari China yang berada di bawahnya dengan raihan 45 gelar.

Satu-satunya negara kawasan ASEAN yang paling dekat jarak raihan gelanya dengan Indonesia adalah Malaysia, di mana tim Jiran tersebut berhasil mengoleksi 11 gelar.

Kembali ke kontingen Indonesia di ajang Indonesia Open, total dalam 84 gelar yang telah diraih, nomor ganda putra dan tunggal putra menjadi pendulang gelar terbanyak sampai saat ini.

Di mana 44 gelar berhasil diraih dari dua nomor tersebut, dengan rincian masing-masing 22 gelar untuk masing-masing nomor. Gelar terbanyak kedua datang dari ganda campuran (16 gelar), ganda putri (13), dan tunggal putri (11).

Pemain dengan gelar terbanyak di sektor tunggal putra, berhasil diraih Ardy Wiranata dan Taufik Hidayat dengan raihan 6 gelar selama tampil di Indonesian Open.

Sedangkan Susi Susanti berhasil menjadi srikandi Indonesia dengan gelar Indonesia Open terbanyak untuk sektor tunggal putri, yakni enam gelar ditahun 1989, 1991 dan 1994 hingga 1997.

Raihan enam gelar juga datang dari ganda campuran, di mana Tri Kusharjanto menjadi pebulutangkis ganda campuran yang paling sering naik podium.

Bahkan ia mendapatkannya dengan dua pasangan bulutangkis berbeda, yakni bersama Minarti Timur (5 gelar) dan Emma Ermawati (1 gelar).