Menderita Kanker Prostat, Peraih 3 Gelar Grand Slam Tutup Usia

Senin, 22 Juli 2019 17:53 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Jordan Mansfield/Getty Images
Peter McNamara saat masih aktif bermain tenis di tahun 2014 Copyright: © Jordan Mansfield/Getty Images
Peter McNamara saat masih aktif bermain tenis di tahun 2014

INDOSPORT.COM - Mantan petenis asal Australia, Peter McNamara, dikabarkan telah meninggal dunia di Jerman pada Sabtu (20/07/19) waktu setempat akibat menderita kanker prostat.

Dilansir dari situs olahraga reuters.com, McNamara meninggal pada usianya yang ke-64 tahun. Ia merupakan peraih tiga gelar Grand Slam di sektor ganda putra berpasangan dengan rekan sesama Australia, Paul McNamee.

Berduet dengan McNamee mereka mendapat julukan 'Super Mac'. Petenis ganda putra Australia ini berhasil meraih tiga gelar Grand Slam di turnamen tenis Australia Terbuka 1979 beserta Wimbledon 1980 dan 1982.

Tak hanya sukses di sektor ganda, McNamara juga menjadi petenis tunggal putra yang sukses. Ia tercatat telah memenangkan lima gelar di sektor tunggal dan 19 di sektor ganda putra.

Tahun 1987, mantan petenis tunggal putra nomor 7 dunia memutuskan untuk gantung raket dan mengubah statusnya dari seorang pemain menjadi seorang pelatih.

Mantan petenis Australia tersebut setidaknya memiliki karier kepelatihan yang sukses. Beberapa petenis yang pernah dilatihnya di antaranya yaitu  Mark Philippoussis, Grigor Dimitrov dan Wang Qiang.

Kini, setelah sekian lama berjuang untuk melawan kanker prostat yang diderita, McNamara akhirnya menyerah dan menghembuskan napas terakhirnya di kediamannya yang ada di Jerman. Kematiannya pun membuat dunia tenis Australia ikut berkabung.