Jonatan Christie Ciptakan Sejarah Baru untuk Indonesia di Ranking Dunia BWF

Rabu, 31 Juli 2019 14:05 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie memang tak ambil bagian di turnamen bulutangkis Thailand Open 2019. Tetapi pemain yang akrab disapa Jojo tersebut sukses membawa Indonesia meraih catatan manis di ranking dunia BWF.

Jonatan Christie yang baru-baru ini sukses mencetak rekor dengan mencapai ranking tertinggi di sepanjang kariernya yaitu dengan menduduki ranking ke-6 dunia, kembali berhasil mencatatkan sebuah prestasi dan mengikuti jejak seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Ya, pasangan Ahsan/Hendra baru-baru ini mencetak rekor dengan menempati ranking kedua dunia pada pembaruan ranking BWF yang akan dirilis Selasa (06/08/19) mendatang berkat catatan apik mereka dalam beberapa turnamen belakangan.

Naiknya Ahsan/Hendra ke rangking 2 dunia membuat ganda putra Indonesia kini menguasai peringkat atas ranking BWF. Seolah mengikuti jejak seniornya, Jonatan pun melakukan hal yang sama. Melalui skenario kekalahan pebulutangkis China, Chen Long di Thailand Open 2019, Jojo pun akhirnya naik ke peringkat 4 dunia.

Sekadar informasi, Chen Long yang diplot sebagai unggulan harus mengakui keunggulan pebulutangkis Chinese Taipei, Wang Tzu Wei di babak pertama Thailand Open 2019 dengan skor 13-21, 18-21.

Dilansir dari akun Twitter, @BadmintonTalk, kekalahan peraih emas Olimpiade Rio 2019 tersebut pun sukses menaikkan ranking Jonatan dari ranking 6 ke ranking 4 dunia. Pencapaian Jojo ini pun membuat penantian 1721 hari Indonesia akhirnya terbayarkan.

Sejak Tommy Sugiarto yang menempati peringkat ranking keempat dunia sektor tunggal putra pada 20 November 2014, Indonesia tercatat tak pernah lagi memiliki pebulutangkis tunggal putra yang menempati peringkat keempat dunia.

Tetapi berkat hasil ini, Jonatan pun akhirnya menghentikan penantian Indonesia selama 1721 hari lamanya pada pembaruan ranking terbaru BWF yang akan dirilis Selasa (06/08/19) mendatang.