Apa Kabar Deretan Mantan yang Pernah Mendampingi Mohammad Ahsan?

Senin, 26 Agustus 2019 20:27 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Zimbio
Mohammad Ahsan dan Bona Septano saat berpasangan. Copyright: © Zimbio
Mohammad Ahsan dan Bona Septano saat berpasangan.

INDOSPORT. COM - Mohammad Ahsan, kiprahnya di nomor ganda putra pernah ditemani oleh sejumlah pebulutangkis. Siapa saja dan apa kabarnya para mantan pasangan Mohammad Ahsan tersebut?

Nama Mohammad Ahsan baru-baru ini kembali menjadi buah bibir jagat bulutangkis. Bersama pasangannya, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan sukses menjadi yang terbaik dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF 2019 di Basel, Swiss.

Hendra/Ahsan pada Minggu (25/08/19) kemarin melakoni laga final kontra wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Lewat pertarungan tiga set selama kurang lebih satu jam empat menit, Hendra/Ahsan akhirnya menang 25-23, 9-21, 21-15. 

Cerita gemilang Ahsan belakangan memang selalu dilalui bersama pasangannya, Hendra. Tapi bila menengok ke belakang, Ahsan sebenarnya pernah menjalani karier ganda putra dengan sejumlah pebulutangkis berbeda.

INDOSPORT pun coba mengulas lebih jauh soal para pebulutangkis yang pernah menjadi pasangan Ahsan. Mari disimak ulasannya bersama.

Bona Septano

© PB Djarum
Mohammad Ahsan/Bona Septano menjadi satu-satunya pebulutangkis yang juara berturut di Indonesia Master. Copyright: PB DjarumMohammad Ahsan/Bona Septano menjadi satu-satunya pebulutangkis yang juara berturut di Indonesia Master.

Mohammad Ahsan dahulu pernah menjalani karier bulutangkis ganda putra bersama Bona Septano. Kiprah paling mencolok yang pernah ditorehkan Ahsan/Bona mungkin terjadi pada tahun 2011 lalu.

Pada ajang Kejuaraan Dunia BWF 2011 di London, Inggris, Ahsan/Bona berhasil meraih medali perunggu. Prestasi itu didapat setelah Ahsan/Bona melaju hingga partai semifinal dan kalah dari wakil Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Yoo Yeon-seong.

Bona sendiri kini ternyata sudah tak berkecimpung di dunia bulutangkis lagi. Sejak tahun 2013 lalu, Bona telah alih profesi menjadi seorang pilot.

Rian Agung Saputro

© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama China Open 2017. Copyright: Humas PBSIMohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama China Open 2017.

Mundur ke belakang, tepatnya pada tahun 2017, Ahsan sempat berpasangan dengan rekan senegaranya, Rian Agung Saputro. Duet Ahsan/Ryan pun kala itu berhasil membuat sebuah kejutan besar.

Ahsan/Rian di luar dugaan mampu melangkah hingga partai final Kejuaraan Dunia BWF 2017 di Glasgow, Skotlandia. Namun, Ahsan/Rian harus puas dengan medali perak setelah kalah dari wakil China, Liu Chen/Zhang Nan.

Sosok Rian Agung Saputro sendiri kini masih aktif menekuni profesi sebagai pebulutangkis. Ia terakhir berpasangan dengan Kenas Adi Haryanto dalam ajang BWF Tour Super 100 di India pada awal Agustus lalu.


Alvent Yulianto

Sosok Ahsan pada 2012 lalu pernah mempunyai pasangan dadakan. Kala itu, ia tiba-tiba dipasangkan dengan Alvent Yulianto di tim Thomas Indonesia.

Sayangnya, kiprah Ahsan/Alvent tak bisa membantu banyak prestasi Indonesia. Pada ajang Thomas 2012, tim Indonesia langkahnya hanya terhenti sampai partai perempatfinal saja.

Sosok Alvent Yulianto sendiri kini sudah tak lagi berkecimpung di jagat bulutangkis. Ia telah memutuskan gantung raket alias pensiun pada 2012 lalu.


Viki Indra Okvana

Ahsan saat masih berkecimpung di level junior, diketahui sempat berpasangan dengan Viki Indra Okvana. Kisah paling manis Ahsan/Viki pun paling manis tercipta di ajang Asian Junior Championship 2005 silam.

Kala itu, Ahsan/Viki mampu meraih medali perunggu. Prestasi tersebut ditorehan usai Ahsan/Viki kalah dari wakil Korea Selatan, Cho Gun-woo/Lee Yong-dae pada laga semifinal.

Nama Viki sendiri kini sudah tak menjalani profesi sebagai pebulutangkis. Ia sudah alih profesi menjadi pelatih dan kini berkarier di Midwest Badminton Club, Amerika Serikat.