In-depth

Menakar Peluang Ganda Putra Indonesia di Chinese Taipei Open 2019: Panggung Fajar/Rian

Senin, 2 September 2019 19:03 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Humas PP PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak pertama Indonesia Open 2019. Copyright: © Humas PP PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak pertama Indonesia Open 2019.

INDOSPORT.COM - Menakar peluang ganda putra Indonesia di ajang bulutangkis Chinese Taipei Open 2019 pada 3 hingga 8 September, saatnya Fajar/Rian bersinar?

Di ajang bulutangkis Super 300 tersebut, tim ganda putra Indonesia akan diwakili 4 pasangan yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso, Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi Isfahani, serta Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra.

Dari keseluruhan wakil, kandidat kuat juara mungkin akan berada di pundak Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, apalagi ganda putra peringkat enam dunia tersebut tampil impresif di kejuaraan dunia BWF 2019 bulan Agustus lalu.

Dalam ajang yang berlangsung di Basel tersebut, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil meraih medali perunggu setelah terhenti di babak semifinal oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Kans Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk merengkuh medali emas sejatinya cukup terbuka lebar, apalagi jika melihat match drawing yang akan berlangsung nanti.

Di mana Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang tergabung dalam Top half Section 1 hanya akan melawan pasangan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Mohd Rumsani asal Malaysia di ronde pertama.

Melihat dari statistik yang ada, Fajar Alfian/Muhammad Rian dipastikan bakal mudah meraih kemenangan, terlebih peringkat kedua ganda putra tersebut terpaut cukup jauh.

Mungkin lawan terberat Fajar Alfian/Muhammad Rian ada di babak perdelapan final, di mana mereka kemungkinan berhadapan dengan Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol asal Korea Selatan.

Khusus bagi Ko Sung-hyun, pebulutangkis berusia 32 tahun ini pernah menjadi juara di Chinese Taipei Open saat berpasangan dengan Yoo Yeon-seong tahun 2011 silam.

Jika mampu lolos ke babak semifinal, lawan yang mungkin bakal dihadapi Fajar Alfian/Muhammad Rian adalah Goh V Shem/Tan Wee Kiong asal Malaysia atau Liao Min-chun/Su Ching-heng yang jadi pebulutangkis tuan rumah.

Kedua ganda putra tersebut besar kemungkinan dapat melangkah ke babak perdelapan final, pasalnya di kejuaraan ini mereka menjadi unggulan keempat dan kelima yang diprediksi menang mudah di babak pertama dan kedua.

Pada partai final, pasangan ganda putra Inodnesia ini kemungkinan bakal melawan ganda putra tuan rumah Lee Yang/Wang Chi-lin, bahkan lawan BWF menyebut jika ganda putra peringkat 16 tersebut merupakan unggulan kedua di turnamen ini.

Meski menghadapi pebulutangkis tuan rumah, namun Fajar Alfian/Muhammad Rian dipastikan bakal mudah meraih kemenangan dan merebut medali emas di ajang ini.

Pasalnya dalam pertemuan terakhir keduanya di ajang Swiss Open 2019, Fajar Alfian/Muhammad Rian berhasil menang atas Lee Yang/Wang Chi-lin dengan dua set langsung 21-19 dan 21-16.

Absennya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon beserta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan membuat pasangan Fajar Alfian/M.Rian Ardianto menempati daftar unggulan pertama dan diprediksi bisa menjadi juara.

Peluang ganda putra Indonesia lain di ajang ini sendiri cukup terbuka, namun jika melihat match drawing yang ada, langkah mereka kemungkinan akan terhenti di babak perdelapan final.