Marcus/Kevin Paling Kaya, Menghitung Pundi-pundi Harta Ganda Putra Indonesia di 2019

Kamis, 5 September 2019 22:09 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Sejumlah pasangan ganda putra bulutangkis Indonesia sepertinya punya pundi-pundi harta yang nilainya cukup fantastits.

Kiprah Indonesia di jagat bulutangkis dunia dalam beberapa tahun terakhir memang cukup sering diharumkan oleh para pasangan ganda putra. Saat nomor-nomor lain mengalami jalan buntu, ganda putra hampir selalu bisa keluar untuk menyumbangkan trofi juara.

Lihat saja pada gelaran Asian Games 2018 lalu. Nomor ganda putra jadi satu-satunya nomor yang bisa menghadirkan pertarungan all Indonesian final.

Kala itu laga puncak mempertemukan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kontra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Pertandingan lantas dimenangkan Marcus/Kevin dalam tiga set, 13-21, 21-18, 24-22.

Kegemilangan nomor gunda putra Indonesia juga tertera di rangking BWF. Ketika tulisan ini dibuat, dua peringkat teratas dunia diisi oleh atlet Indonesia, Marcus/Kevin serta Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Bahkan, masih ada nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menempati peringkat tujuh. Merah Putih jelas begitu menguasai percaturan bulutangkis dunia di nomor ganda putra.

Melihat segala kegemilangan tersebut, sudah menjadi hal yang lumrah bila para pasangan ganda putra Indonesia punya pundi-pundi harta fantastis. Raihan prestasi dari berbagai ajang, membuat mereka bisa mengumpulkan uang yang nominalnya sungguh menggiurkan.

Lalu, bagaimana kondisi pundi-pundi harta yang dipunyai oleh para pasangan ganda putra Indonesia? INDOSPORT coba mengulasnya ke dalam rangkuman berikut:

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

© Humas PP PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak pertama Indonesia Open 2019. Copyright: Humas PP PBSIFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak pertama Indonesia Open 2019.

Menempati peringkat tujuh dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu meraih sejumlah prestasi apik di tahun 2019. Setidaknya ada dua gelar juara yang pernah diraih, yakni pada ajang Tong Yun Kai Cup 2019 dan Swiss Open 2019.

Walau cuma ada dua gelar juara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga mampu mengumpulkan uang yang jumlahnya fantastis. Berdasarkan situs BWF Badminton, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu mengumpulkan uang sebesar 190 ribu USD atau sekitar Rp2,6 miliar.


Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

© Humas PP PBSI
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di babak pertama Indonesia Open 2019. Copyright: Humas PP PBSIHendra Setiawan/Mohammad Ahsan di babak pertama Indonesia Open 2019.

Nama Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan kini menempati peringkat dua dunia rangking BWF. Posisi ini didapat berkat kegemilangan Hendra/Ahsan yang mampu meraih sejumlah gelar juara.

Setidaknya ada empat ajang di tahun 2019 yang mampu diakhiri Hendra/Ahsan dengan raihan medali emas. Keempat ajang itu ialah BWF World Championship 2019, BWF Sudirman Cup 2019, New Zealand Open 2019, dan All England 2019.

Berkat segala prestasi tersebut, Hendra/Ahsan juga bisa mengumpulkan harta yang bernilai fantastis. Berdasarkan data situs BWF Badminton, uang yang bisa dikumpulkan Hendra/Ahsan dari hadiah kompetisi kini mencapai angka 1,1 juta  USD atau sekitar Rp15,5 miliar. 


Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil melaju ke final Indonesia Masters 2019 Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil melaju ke final Indonesia Masters 2019

Tak perlu diragukan lagi betapa hebatnya kualitas Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di kancah ganda putra dunia. Lihat saja rangking BWF, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mampu menempati peringkat satu dunia.

Sejumlah prestasi manis pun mampu diraih Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di sepanjang tahun 2019 ini. Setidaknya ada lima gelar juara yang sukses direngkuh Marcus/Kevin, yakni Japan Open, Indonesia Open, Sudirman Cup, Indonesia Masters, dan Malaysia Masters.

Gemilangnya prestasi yang diraih, membuat Marcus/Kevin juga mampu mengumpulkan banyak harta. Berdasarkan data dari situs BWF Badminton, total uang yang dikumpulkan Marcus/Kevin dari hadiah kompetisi mampu menyentuh angka 1,3 juta USD atau sekitar Rp18,3 miliar.