Kandaskan Tuan Rumah, Petenis Junior Indonesia Raih Gelar Juara di Australia

Sabtu, 21 September 2019 17:00 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Janice Tjen berhasil menjuarai turnamen ITF J5 Adelaide Junior, Australia, pada Jumat (20/9/19) kemarin. Dalam partai puncak, petenis Indonesia berusia 17 tahun ini mengalahkan wakil tuan rumah, Taylah Preston, dengan skor 6-4, 2-6, 6-3.

Sejak dimulainya babak 32 besar pada Senin (16/9/19), Janice selalu bertemu dengan petenis asal Australia. Dalam turnamen yang dimulai di Australia North Adelaide tersebut, Janice selalu mengandaskan lawannya dengan straight set hingga babak semifinal.

Selain tunggal putri, Janice juga tampil di nomor ganda putri. Ia berpasangan dengan petenis muda Australia, Ella Simons. Sayangnya, Janice dan pasangannya harus takluk di babak final dari Jessie Culley/Taylah Preston (Australia) dengan skor 5-7, 4-6.

Sepak terjang Janice pada tahun ini bisa dikatakan impresif. Dalam dua turnamen sebelumnya yang diadakan di Jakarta, ia selalu bisa mencapai babak final. Capaian finalnya pun ia rengkuh di nomor tunggal dan ganda sekaligus.

Meski begitu, atlet kelahiran 6 Mei 2002 ini tidak menjuarai semuanya. Ia menyabet satu gelar nomor tunggal di ajang JITA ITF Junior Tournament (30/6/19) dan satu gelar nomor ganda di Thamrin International Junior Championships (7/7/19).

Dilansir dari situs ITF Tennis, Janice Tjen punya rekor pertandingan yang cukup mentereng. Ia mencatatkan 17-4 di nomor tunggal, serta 16-3 di nomor ganda. Petenis masa depan Indonesia ini sendiri belum memiliki peringkat WTA karena belum berstatus pro.