Roger Federer Belum Yakin Bakal Main di Olimpiade Tokyo

Minggu, 22 September 2019 12:59 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matthias Hangst/Getty Images
Roger Federer mengaku belum bisa memastikan apakah dirinya akan bermain di Olimpiade Tokyo 2020. Matthias Hangst/Getty Images. Copyright: © Matthias Hangst/Getty Images
Roger Federer mengaku belum bisa memastikan apakah dirinya akan bermain di Olimpiade Tokyo 2020. Matthias Hangst/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Petenis asal Swiss, Roger Federer, baru akan memutuskan apakah ia akan bermain di Olimpiade Tokyo 2020 dalam kurun waktu satu bulan lagi.

Dilansir dari laman berita olahraga Yahoo Sports, Federer mengatakan jadwal tandingnya untuk tahun 2020 akan ditetapkan melalui kalender turnamen tenis Wimbledon, yang berakhir pada 12 Juli.

Olimpiade Tokyo 2020 sendiri akan berlangsung pada 24 Juli dan berakhir 8 Agustus, alias satu hari sebelum ulang tahun Federer yang ke-39. Namun terkait partisipasinya di ajang tersebut, Federer masih harus menimbang banyak hal.

''Saya kira saya akan memutuskan apakah bisa bermain di Olimpiade Tokyo dalam beberapa minggu ke depan, atau bisa saja di bulan depan atau lebih," katanya.

"Saya hanya harus melihat bagaimana keadaan keluarga, bagaimana keadaan tubuh saya. Akan tetapi, Olimpiade sangat spesial bagi saya,” tambahnya lagi.

Roger Federer telah mewakili negaranya dalam ajang Olimpiade sebanyak empat kali. Dia bahkan bertemu istrinya, Mirka, di Olimpiade Sydney 2000 dan dua kali membawa bendera Swiss pada upacara pembukaan.

Ia pun berhasil memenangkan emas di sektor ganda saat berpasangan dengan Stan Wawrinka di Olimpiade Beijing 2008 dan perak di nomor tunggal pada Olimpiade London 2012.

Untuk bermain di Olimpiade Tokyo 2020, Federer kemungkinan harus mendapatkan wild card dari Federasi Tenis Internasional (WTA). Pasalnya, ia belum memenuhi jumlah pertandingan yang disyaratkan oleh aturan.