Peran Baru Roger Federer dan Rafael Nadal di Laver Cup

Sabtu, 21 September 2019 19:01 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sport Bible
Roger Federer dan Rafael Nadal di Laver Cup 2017 Copyright: © Sport Bible
Roger Federer dan Rafael Nadal di Laver Cup 2017

INDOSPORT.COM - Musim ketiga Laver Cup sedang berlangsung di kota terpadat kedua dari negara asal Roger Federer di Swiss, yakni Jenewa. Laver Cup dinamai sesuai nama petenis legendaris, Rod Laver dan dirancang oleh Roger Federer.

Turnamen ini mengadu Tim Eropa dengan Tim Dunia seperti apa yang diharapkan Federer akan menyamai Ryder Cup dalam versi tenis.

Laver Cup tumbuh pesat dan semakin populer karena format tim dan animo yang luar biasa. Meski turnamen ini masih belum menarik semua petenis bintang dunia, tahun 2019 ini menandai kedua kalinya dalam tiga musim bahwa Roger Federer dan Rafael Nadal memimpin Tim Eropa di Laver Cup.

 Namun tak hanya sebagai pemain, Federer dan Nadal memiliki peran lain dalam Laver Cup.

Roger Federer dan Rafael Nadal sebagai pelatih

Bisakah Anda bayangkan dilatih Roger Federer dan Rafael Nadal? Impian setiap petenis muda ini menjadi kenyataan untuk Fabio Fognini dalam pertandingannya melawan Jack Sock pada Jumat (20/09/19). Turun 1-6, 5-4 dalam pertandingan, Federer dan Nadal berdiri di belakang Fognini dan memberinya beberapa saran.

Ketika Fognini mengekspresikan rasa frustrasinya, Nadal melangkah dengan beberapa kata yang memberi semangat dalam bahasa Spanyol. Federer sekali lagi menegaskan bahwa Fognini harus percaya pada hal yang baik.

Terlepas dari nasihat bagus yang diterimanya, Fognini tidak bisa mengekang frustrasinya dan kemudian berhasil ditekuk Sock dengan skor akhir 1-6, 6-7.

Federer dan Nadal sebagai penonton

Salah satu hal yang sangat keren dari Laver Cup ialah format tim yang ada, karena memberikan pencinta tenis kesempatan untuk melihat beberapa pemain bintang mereka dalam peran yang tidak sering kita lihat, yakni sebagai suporter seperti Federer dan Nadal.

Selama pertandingan antara Dominic Thiem dari Tim Eropa dan Denis Shapovalov dari Tim Dunia, kedua bangku tim memiliki pemain bintang di ujung tempat duduk mereka. Thiem akhirnya menang dalam pertandingan 6-4, 5-7, 13-11 yang mendebarkan, dan Federer serta Nadal berada tepat di tengah selebrasi.

Penulis: Karina Kusuma Wijaya