Lagi Musim Comeback, Legenda Tenis China Punya Jawaban Tersendiri

Selasa, 24 September 2019 19:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Legenda tenis China, Li Na, tak berminat mengikuti tren comeback para petenis wanita seperti Serena Williams atau Victoria Azarenka yang kini sudah menjadi ibu.

Perlu diketahui, Li Na yang memutuskan pensiun pada tahun 2014 tersebut saat ini telah memiliki dua orang anak. Meski banyak petenis wanita yang sukses meniti kembali kariernya setelah melahirkan, Li Na mengaku lebih memilih tinggal di rumah.

"Seratus persen tinggal di rumah, karena tidak ada banyak tekanan. Di rumah, Anda bisa melakukan sesuatu yang orang luar tidak ketahui, tapi di lapangan tenis, Anda membanting raket, semua orang melihatnya," ucap Li Na, seperti diwartakan AFP.

Berbicara soal keluarga, Li Na sudah punya prinsip dalam membesarkan anak-anaknya. Mendulang kesuksesan sebagai atlet, ia tidak akan memaksa buah hatinya mengikuti jejak serupa di dunia olahraga, meski ia tentu akan mendidik mereka mencintai olahraga.

"Anda pasti ingin menumbuhkan minat olahraga (kepada anak). Ketika seorang anak sudah tertarik dengan satu hal, mereka tidak perlu dipaksa karena hasilnya tidak akan baik," ucap peraih dua gelar Grand Slam tersebut. 

"Kenyataannya, tidak semua orang yang bermain tenis itu bisa sukses besar. Berkecimpung di dunia olahraga adalah salah satu cara terbaik mendapatkan teman, pengalaman, belajar hal-hal baru, dan jangan suka membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain," tambahnya.

Seperti diketahui, eksistensi para petenis wanita dunia pada era masa kini kerap mendapat sorotan. Nama-nama besar seperti Serena Williams pun berhasil menjadi inspirasi kaum hawa untuk terus sukses meski telah menjadi seorang ibu.

Meski sudah memutuskan tak akan comeback, Li Na tentu berharap olahraga tenis di negaranya China bisa berkembang. Bukan hanya di sektor putri yang sukses menempatkan empat nama di daftar 50 besar, tetapi juga sektor putra yang kini masih perlu diperbaiki.