Cetak Sejarah, Arab Saudi Gelar Turnamen Tenis Internasional Pertamanya

Rabu, 9 Oktober 2019 16:39 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Matthew Stockman/Getty Images
Daniil Medvedev dan Stan Wawrinka akan mengikuti turnamen tenis internasional pertama di Arab Saudi. Copyright: © Matthew Stockman/Getty Images
Daniil Medvedev dan Stan Wawrinka akan mengikuti turnamen tenis internasional pertama di Arab Saudi.

INDOSPORT.COM – Arab Saudi untuk pertama kalinya akan menggelar turnamen tenis berskala internasional di Diriyah pada 12-14 Desember 2019 mendatang. Turnamen tersebut nantinya bertajuk turnamen ekshibisi putra.

Seperti dilansir melalui Antara, Ketua Otoritas Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz Bin Turki Al Faisal Al Saud mengatakan bahwa terselenggaranya turnamen ini merupakan sebuah titik balik bagi Arab Saudi.

“Menjadi tuan rumah tenis internasional kelas dunia di Arab Saudi untuk pertama kalinya adalah momen balik baru untuk kerajaan ini,” pungkasnya.

Hingga saat ini, baru ada dua nama besar yang menyatakan siap untuk tampil, yakni juara Gland Slam tiga kali dari Swiss, Stanislas Wawrinka, dan petenis rising star asal Rusia, Daniil Medvedev. Nantinya, turnamen lapangan keras ini akan menampilkan delapan petenis.

Turnamen ekshibisi ini berhadiah total 3 juta dolas AS atau setara dengan Rp42,5 miliar.

Tidak hanya tenis, negara yang kaya akan minyak ini pada bulan Februari 2020 juga akan menjadi tuan rumah turnamen gold European Tour pertama dan Reli Dakar.

Masih melalui sumber yang sama, semua itu dilakukan guna menghadapi kemunduran diplomatik besar akibat peristiwa pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018 silam.

Penulis: Ergian Pinandita