Mengenang Verawaty Fajrin, Pebulutangkis Putri Indonesia Peraih 11 Medali Emas SEA Games

Rabu, 30 Oktober 2019 21:53 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© youtube
Verawaty Fajrin, namanya akan selalu dikenang sebagai pebulutangkis putri Indonesia yang pernah meraih 11 medali emas di kancah SEA Games. Copyright: © youtube
Verawaty Fajrin, namanya akan selalu dikenang sebagai pebulutangkis putri Indonesia yang pernah meraih 11 medali emas di kancah SEA Games.

INDOSPORT. COM - Verawaty Fajrin, namanya akan selalu dikenang sebagai pebulutangkis putri Indonesia yang pernah meraih 11 medali emas di kancah SEA Games.

Ranah bulutangkis Indonesia tak lama lagi akan disibukan dengan pesta olahraga antar negara Asia Tenggara, SEA Games 2019. Ajang ini bakal berlangsung mulai 30 November dan berakhir 11 Desember 2019 mendatang.

Menyambut pagelaran SEA Games, bulutangkis Indonesia sejatinya punya kenangan manis. Terutama bila mengenang sosok pebulutangkis putri Indonesia bernama Verawaty Fajrin.

Semasa masih aktif bermain, Verawaty Fajrin tergolong sebagai atlet yang rutin mendulang prestasi bagi Indonesia. Pada kancah SEA Games saja, Verawaty Fajrin total telah menyumbangkan 11 medali emas.

Torehan membanggakan tersebut diraih Verawaty Fajrin dari tahun 1977 hingga 1989 silam. Ia meraih total 11 medali emas lewat kiprahnya di nomor beregu putri, ganda putri, tunggal putri, dan ganda campuran.

Kenangan paling manis Verawaty Fajrin mungkin tercipta saat dirinya berlaga di ajang SEA Games 1981. Verawaty Fajrin kala itu mampu meraih tiga medali emas sekaligus.

Verawaty Fajrin menghiasi SEA Games 1981 dengan turun di tiga nomor berbeda, yakni tunggal putri, ganda putri, dan juga beregu putri. Kiprahnya tersebut pun mampu diakhiri dengan gelar juara semua.

Prestasi manis Verawaty Fajrin di SEA Games 1981 turut menular kepada rekan-rekannya. Para altet bulutangkis Indonesia mampu mendominasi dan meraih medali emas di semua nomor yang dipertandingkan.

Nama Verawaty Fajrin memang terbiasa berlaga di beberapa nomor berbeda sekaligus dalam satu ajang. Misalnya pada ajang Indonesia Open 1989, Verawaty Fajrin mampu meraih gelar juara di nomor ganda campuran, dan runner-up di ganda putri.

Kalau soal jumlah gelar, Verawaty Fajrin lebih banyak mendulang prestasi saat menggeluti nomor ganda putri. Ia total mendulang tujuh gelar (open tournaments) ganda putri bersama enam pasangan berbeda, seperti Imelda Wiguna, Ruth Damayanti, Ivanna Lie, Yanti Kusmiati, hingga Susi Susanti.

Sementara saat turun di nomor ganda campuran, Verawaty Fajrin mampu meraih total lima gelar (open tournaments). Verawaty Fajrin meraih kejayaan bersama dua pasangan berbeda, Ade Chandra, Bobby Ertanto, serta Eddy Hartono.

Begitulah kurang lebih kisah kejayaan masa lalu Verawaty Fajrin. Nama Verawaty Fajrin akan selalu dikenang sebagai pebulutangkis putri yang pernah meraih 11 medali emas SEA Games.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%